Lahabato : Enam Desa Tak Bisa Di Tawar Tawar, Sebab UU Jelas Wilayah Halut

Swaramalut.com,Halut

Persoalan Tapal Batas Enam Desa d Kecamatan Kao Teluk yang sampai saat ini masi di klaim oleh Pihak Pemerintah Halmahera Barat bahwa Enam Desa adalah Wilayah Halbar bukan Wilayah Kabupaten Halmagera Utara.

Senator DPD RI perwakilan Maluku Utara Abdul Rahman Lahabato, jelaskan bahwa Dewan Perwakilan Daerah RI secara intitusional telah mengawal peraturan dan perundang undangan yang telah Melegitimasi dan Melegisasi bahwa enam desa itu adalah menjadi Wilayah Halut maka itu tetap menjadi konsen DPD RI, kecuali ada lembaga yang mengajukan refisi terhadap undang undang atau peraturan itu.

Ungkap lahabato dihadapan awak media swaramalut.com ini, Namun tetapi sepanjang Undang Undang dan Peraturan itu belum di Refisi maka itu tetap menjadi wilayah Halmahera Utara dan itu tidak tawar tawar, dipertegasnya Senator.

Kemudian Melihat dari tarik menarik klaim mengklaim bahwa Kabupaten Halmahera Barat tidak bisa mengklaim itu adalah Wilayah Halbar, sebab jelas Undang Undang dan Peraturan Pemerintah dalam sandaran Yudirisnya sangat jelas.ucapnya.

Tepisnya dia, Itupun kalau Pemda Halbar lakukan Refisi UU dan Peraturan Pemerintah, kata dia kalau itupun berbagai kepentingan kurtural maka ajukan Refisi, namun tetapi ajukan Refisi itukan ada tahapannya, cetusnya.

Sementara jelas lahabato, Kalau penbentukan desa,kecamatan maupun kabupaten itu semua diatur oleh UU serta Peraturan Pemerintah, kalau itupun pembentukan kecamatan Jailolo Timur tidak memiliki sandaran hukum, itu suatu kesalahan besar, jelasnya.

Dia meminta agar hal ini dipertanyakan ke pihak Badan pemeriksaan keuangan ( BPK) apabilah Pemda Halbar lakukan bantuan anggaran terhadap enam desa apakah menjadi temuan atau tidak, yang jelasnya pasti jadi temuan oleh BPK.

Maka kami DPD RI tetap mengawal hal tersebut, sebab wilayah itu sudah ditetapkan Undang Undang dan Peraturan Pemerintah, dan kami secara Institusional berada pada Undang Undang yang telah mengatur hal tersebut, dan hal itu tidak bisa tawar menawar,” tegasnya Lahabato..#jef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *