Kejar Adipura,Disperindag Kota Ternate Intensifkan Penataan Pasar

EKONOMI/PEMBANGUNAN SWARA TERKINI SWARA TERNATE

Swaramalut.com-Ternate

Adipura adalah sebuah penghargaan di Indonesia terkait dengan kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Dalam rangka menyambut penilaian Adipura, Pemerintah Kota Ternate terus melakukan pembenahan di segala bidang. Sektor perdagangan seperti pasar tradisional pun tak luput dari sasaran revitalisasi.

Dalam persiapan penilaian adipura tahun 2019, Pemerintah Daerah kota ternate melalui Dinas Perdagangan melakukan pembenahan dan penertiban di semua pasar yang berada di kota ternate.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid penataan dan pengelolaan disperindag kota ternate suryaman suleman,kamis (4/7/2019) bahwa pembenahan dan penertiban ini dilakukan dalam rangka untuk persiapan adipura tahun ini, dimana dalam penilaian adipura, pasar merupakan tempat penilaian yang memiliki potensi mendapatkan nilai yang cukup besar, maka dari itu, dilakukan pebenahan dan penertiban serta penataan di kawasan pasar heginies, barito dan sejumlah pasar lainnya.

“Kita lakukan penataan pasar misalnya pengecetan taman-taman di areal pasar,pembuatan saluran dan penataan PKL bersama Satgas Pasar,”kata suryawan.

Suryawan juga mengatakan pihaknya terus melakukan pembenahan dan perbaikan untuk menyambut penilaian Adipura. Revitalisasi fokus dilakukan untuk Pasar Higienis dimana merupakan pusat dari kegiatan masyarakat kota ternate yang juga terkenal dengan sebutan “ kota Bahari Berkesan” merupakan titik pantau Adipura untuk wilayah Kota ternate.

Pasar Higienis harus selalu bersih. Beberapa fasilitas umum kami benahi agar sesuai dengan standart. Harapan kami pembenahan yang kami lakukan bisa menambah skor untuk penilaian Adipura. Sehingga Kota ternate bisa meraih penghargaan tersebut,” ucap Suryawan.

Suryawan berharap agar tidak hanya pada saat penilaian adipura, namun di hari lain pun ketertiban dan ketertataan pasar dapat sama-sama dijaga, baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat maupun pedagang,”Semoga bukan hanya pada saat adipura, namun kedepannya sama-sama kita jaga,” harapnya.

Terpisah dari itu sekertaris satgas pasar mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk penilaian piala adipura, maka dari itu kami selalu melakukan pembenahan dan penertiban di setiap sudut pasar seperti pembuatan saluran air,pengecetan serta menertibkan PKL,dimana pembenahan ini sangat berguna dalam penilaian adipura” tutupnya mengakhiri..#An

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *