Warga Palang Kantor Desa Dukolamo

HUKUM/KRIMINAL SWARA HALUT SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halut – Warga Desa Dukolamo Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) mengelar Aksi dengan melakukan Pemalang Kantor Desa setempat dan pembakaran Ban mobil bekas, pada Jumat (05/07/2019).

Aksi pembakar Ban Mobil bekas di Halaman Kantor Desa Dukolamo

Aksi yang dikoordinir oleh Alamsyah Ardiman, merasa tidak puas dengan pengelolaan keuangan desa baik Alokosi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) tahun 2018 yang tidak transparan dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat,

“Kami masyarakat Dukolamo, sangat menginginkan dan berharap agar pengelolaan anggaran Desa (ADD dan DD) secara transparan,” ungkapnya kepada Reporter Swaramalut.com, usai melakukan Pemalang Kantor Desa.

Karena, dari hasil penelusuran kami masyarakat terkait penggunaan anggaran Desa, ditemukan adanya pekerjaan yang tidak sesuai dengan anggarannya.

Lanjut Korlap, sekalipun ketidak sesuaian anggaran dengan pekerjaan tersebut, karena adanya kebijakan pengalihan anggaran untuk pekerjaan lain sebaiknya disampaikan.

“Kami tidak menuduh Kepala Desa Korupsi akan tetapi, kami sebagai masyarakat menginginkan adanya transparansi dalam pengelolaan anggaran dana Desa,” pinta Alamsyah.

Sementara itu, Camat Galela Barat, Ahsun Inayati, mengatakan, selama dua tahun berturut-turut yakni tahun 2017 dan 2018, pihaknya belum pernah menerima laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengunaan Anggaran oleh Kepala Desa.

“Untuk itu, pihak Pemdes agar segera membuat LPJ tahun 2017 dan 2018, karena masyarakat hanya menginginkan LPJ, jadi dalam waktu yang tidak terlalu lama harus di jawab tuntutan dari masyarakat itu,” tegas Camat.

Ahsun, juga mengatakan, BPD seharusnya mengetahui segala sesuatu yang terjadi di Desa, termasuk persoalan yang dituntut masyarakat.

Dan untuk masyarakat, Kantor Desa merupakan aset pemerintah yang di pergunakan untuk melayani masyarakat Desa Dokulamo,

“Jadi saya harapkan agar masyarakat dapat membuka palang pintu kantor dan memberikan, sehingga dapat digunakan rapat menyampaikan LPJ Kades,” harap Camat.

Sekedar diketahui, untuk mengatasi kemarahan warga, pihak BPD sudah melakukan rapat internal penentuan waktu penyampaian LPJ Kades, dan undangan rapat akan dibagikan kepada warga.#jef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *