Pengesahan Ranperda Sistem Pendidikan dan Pariwisata di Agustus Mendatang

EKONOMI/PEMBANGUNAN PENDIDIKAN/KESEHATAN SWARA HALBAR SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halbar – Badan Pembentukan Peraturan Daerah  (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupeten Halmahera Barat (DPRD Halbar), menargetkan pengesahan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni Sistem Pendidikan dan Kepariwisataan, pada Bulan Agustus 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan ketua Tim Bapemperda DPRD Halbar, Djufri Muhammad, kepada Wartawan, usai pembahasan, Rabu (24/07/2019).

Ketua Bapemperda DPRD Halbar Djufri Muhammad

Menurut Djufri, Pembahasan dua Ranperda sudah dilakukan oleh Bapemperda dan Komisi II Halbar  bersama Tim Eksistensi DPRD sudah dilakukan hingga selesai, baik dari pemaparan hasil kajian, naskah akademik secara internal.

” Jadi, kami tinggal menunggu hasil telaah dari tim eksistensi, dan mungkin minggu depan, tim eksistensi sudah sampaikan ke kami,” kata Djufri.

Lanjut Politisi Nasdem Halbar, ” Selanjutnya tim Bapemperda akan mengundang tim Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) dan melakukan pembahasan ke dua Ranperda itu. jadi saya optimis dua Minggu lagi sudah disahkan menjadi Perda,” papar Djufri.

Tambah Ketua Komisi I, dalam pembahasan ke dua Ranperda tersebut, terdapat beberapa poin dari anggota Bapemperda, untuk Ranperda dan naska akadimik khususnya sistem pendidikan, yakni pembelajaran Muatan lokal (Mulok), Daerah terpencil (Dacil).

” Ada juga yang menjadi soroti guru-guru, itu di tingkat UPTD, struktur Komite dan syarat menjabat Kepela Sekolah (Kepsek) karena ini juga penting,” ujarnya.

Sementara untuk sektor Kepariwisataan, Ranperda, banyak mengatur hal – hal seperti muatan lokal, yakni tentang tarian Dodengo, Sabuah, tarian legu Salai, kemudian objek wisata Manusi misalkan Kadaton,” terangnya.#chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *