Ikuti PON Ke XX Di Papua, KONI Malut Berangkatkan Dua Cabor

OLAHRAGA SWARA TERKINI SWARA TERNATE

Swaramalut.com – Ternate

Untuk persiapan mengikuti PON XX di Papua pada tahun 2020 akan datang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Profinsi Maluku Utara, berangkatkan Dua Cabang Olahraga (Cabor) ke Bogor dan Makasar pada esok hari.

Ketua umum KONI Profinsi Maluku Utara, Drs. H. Djafar Umar, MM mengatakan, untuk Cabor Atlet diberangkatkan ke Bogor, sedangkan Cabor Sepak Takraw ke Makassar.

“Keberangkatan kedua Cabor ini untuk mengikuti pra Kualifikasi PON XX. Ini adalah keikutsertaan Sepak Takraw dan Atlet Malut untuk mengikuti kualifikasi tersebut,”ujar Djafar pagi tadi di kantor KONI. Sekitar pukul 10:29 WIT. Minggu (28/7/2019).

Kemudian untuk Maluku Utara yang mengikuti pra PON tahun ini kata dia, ada 29 Cabang Olahraga dan itu bertahap. Sedangkan yang baru diikut sertakan tahun ini yaitu dua Cabor.

“Nanti awal September sampai Desember akan diberangkatkan lagi. Selain itu, untuk Kontigen yang dilepaskan ini seluruh 13 orang terdiri dari Atlet dan pelatih Offisen, sedangkan Sepak Takraw enam orang ditambah dengan pelatih dan Ofisen dua orang. Jadi semua delapan orang,”ucap Ketua.

Kemudian hal-hal yang disampaikan dalam rapat tadi, kata Ketua, yaitu terkait dengan persiapan. “Ya seorang Atlet sebelum mengikuti pertandingan sudah harus memiliki persiapan yaitu melalui melakukan pra senam tesi pelatihan. Dan meskipun kondisi biaya kurang menguntungkan, tetapi pra Cabor tetap dengan semangat melaksanakan latihan tersebut,”jelas Djafar.

Dikatakan, hal ini sesuai dengan program KONI bahwa senam tesi pelatihan itu dilaksanakan selama dua bulan menjelang keberangkatan.

“Inikan baru ingin bertanding untuk mau lolos atau tidaknya ke PON. Jadi kita berharap supaya Maluku Utara juga bisa mengikuti PON,”kata Djafar.

Djafar bilang, bila lolos Kualifikasi maka akan ikut PON pada tahun 2020. Tapi dilihat dulu bila lolos kualifikasi PON tahun ini, maka akan mengikuti PON 2020 yang akan dilaksanakan di Papua.

Ia menambahkan, untuk Maluku Utara, tahun ini baru mengikuti PON. Dan hal ini sesuai jadwal yaitu tanggal 30, maka besok para kedua Cabor akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kemudian untuk 29 Cabor akan dilaksanakan sampai Desember di berbagai Kota, termasuk salah satu Cabor yakni Malut sebagai tuan rumah yaitu tinju, sementara yang akan diikuti 34 Profinsi, dan dari 34 Profinsi 24 Profinsi di luar Profinsi-profinsi di pulau Sumatera.

“Kita berharap dalam mengikuti kompetisi ini kita bisa lolos, sehingga mencapai prestasi, agar Cabang Olahraga ini bisa mengikuti PON XX pada tahun 2020 di Papua,”harap Djafar lagi.

Saat disentil kesiapan, Djafar menjelaskan, untuk kesiapan para Atlet dan Sepak Takraw sejauh ini sudah matang, hal ini sesuai dengan laporan yang sudah diterima dari masing-masing pengurus.

“Insya Allah kalau memungkinkan kami juga akan memonitor guna untuk memberikan kepastian bahwa cabang-cabang olahraga ini sudah siap untuk diberangkat kan,”ucap Djafar..#MI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *