Tingkatkan Minat Baca,Dinas Perpustakaan Morotai Sediakan Mobil Pintar dan Taman Baca 

PENDIDIKAN/KESEHATAN SWARA MOROTAI SWARA TERKINI

Swaramalut.com – Morotai

Dinas perpustakaan Daerah mulai melakukan program inovasi salah satunya adalah pelayanan perpustakaan keliling dengan mobil keliling atau dengan istilah mobil pintar dan membentuk taman baca di desa-desa.

Walaupun dari sisi fasilitas maupun sarana dan prasarana masih sangat terbatas terutama mengenai buku-buku koleksi serta ruang baca. Namun, semangat untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar dan masyarakat tetap di lakukan, dengan modal mengandalkan mobil keliling ke sekolah-sekolah maupun ke lingkungan masyarakat hal itu di sampaikan oleh kadis perpustakaan Alhadat Djaguna di ruang kerjanya senin, (29/07/2019).

Selain pelayanan perpustakaan keliling katanya untuk meningkatkan minat membaca kami juga mendorong masyarakat di desa-desa sehingga Desa di targetkan harus memiliki taman baca. Dan saat ini sudah di bentuk taman baca di beberapa desa yang juga di gagas dan di sponsori oleh komonitas-komonitas di Desa tersebut.

Sementara kata Alhadat yang sudah jalan itu Rumah baca kreatif Desa Yayasan, yang awalnya di gagas oleh komonitas pemuda desa Yayasan kemudian kami dorong dan beckup, memberikan fasilitas dan pembinaan kepada mereka sehingga dapat berjalan dengan baik. Dari sekian taman baca, yang sudah bagus itu Desa Yayasan karena sudah memiliki koleksi buku yang banyak karena mendapat bantuan buku-buku dari Perpustakaan provinsi.

Seiring dengan itu ungkap Dia keinginan Bupati juga menyangkut peningkatan minat baca masyarakat dengan konsep “desa membaca Morotai pintar”, yang itu kemudian di dorong oleh inovasi dinas perpustakaan dengan perpustakaan keliling dan pembentukan taman baca di Desa-desa.

Ada Desa yang sudah di bentuk taman bacanya di antaranya Desa Gotalamo, SP3, Wawama, Lusuo, Joubela, Mandiri, Nakamura,  dan Desa Yayasan yang sementara berjalan”jelasnya.

Ada berapa desa selain Desa Yayasan yang aktifitas mereka masi terbatas karena masi ada kekurangan koleksi buku-buku dan fasilitas tempat baca untuk saat ini. Namun, kami tetap optimis kedepan akan di penuhi terutama soal koleksi buku walaupun tidak sekaligus karena itu sangat penting.

Kami juga untuk sementara ini belum memiliki ruang perpustakaan sehingga masi terbatas dengan menggunakan mobil keliling. Tapi, sudah di usulkan untuk pengaggaran tahun 2019 untuk penambahan ruang baca perpustakaan dan koleksi buku-buku sehingga di 2020 mendatang semua sudah baik.

Walaupun demikian kadis mengakui bahwa dari 88 desa yang ada di kabupaten pulau Morotai belum secara keseluruhan terlayani dengan Perpustakaan keliling apalagi jangkauannya berada di pulau-pulau sehingga di upayakan agar mereka juga dapat terlayani sehingga dapat meningkatkan minat baca.

Harapannya dengan program yang kami lakukan dapat di manfaatkan dengan baik dan masyarakat lebih giat meningkat minat baca dengan koleksi buku-buku yang ada sebab buku adalah jendela dunia itu artinya untuk mengetahui isi dunia harus kita galih dengan membaca..#amt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *