Lapangan MTQ Pulau Morotai, Pusat Sholat Id Wilayah Kota Daruba

SWARA MOROTAI

Swaramalut.com, Morotai

Dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Morotai bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) telah menggelar rapat koordinasi dalam rangka penetapan lokasi Sholat Id wilayah kota Daruba yang berkangsung di kantor bupati sepekan lalu.

Dalam rapat tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pulau Morotai H. Muhammad Qubais Baba pada wartawan, Kamis (08/08/2019) mengatakan, dari hasil rapat koordinasi itu menetapkan lokasi Sholat Idul Adha (Idul Kurban) 1440 Hijriah ditetetapkan di lapangan MTQ Desa Darame, Kec. Morotai Selatan (Morsel) pada minggu 11 Agustus 2019.

“Penempatan lokasih Sholat Idul Adha 1440 Hijriah itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama antara Kemenag, MUI, Muhammadiyah, Toko Agama dan Pemerintah daerah (Pemda),” kata Qubais.

Selain menentukan lokasi Sholat Id, dalam rapat itu juga menetapkan Hi. Saleh Sakola bertindak sebagai Khotib Sholat Id, Pengantar Khotib Jaidid Lasumanga dan bertindak sebagai Imam H. Arsyad  Haya.

Terpisah dari Itu, Qubais mengatakan, kita juga telah menyusun skema Khotib untuk ditugaskan di desa- desa pada saat Sholat Idul Adha nanti. Adapun Khotib kata dia, berjumlah 44 orang diambil dari penyuluh agama dan seseorang yang memiliki ilmu agama (sarjana agama).

“Hasil penetapan internal Kemenag suda di tentukan Khotib Sholat Id yang akan di tugaskan di desa-desa. Mereka kita ambil dari penyuluh Agma, namun ada juga dari masyarkat sendiri yang memenuhi syarat hukum Khutba,” jelasnya.

Selain itu. Qubais berharap, di momentum Hari Raya Kurban yang tinggal menghitung hari, semua masyarakat pulau morotai harus tingkatkan silaturrahmi dan banyak bersyukur atas karunia Allah SWT.

“Mari kita sama-sama bumbungkan semangat berqurban, semakin banyak demi meningkatkan iman dan takwa, demi bangsa dan negara serta demi daerah yang kita cintai ini,” terangnya..#amt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *