PKK Morotai Latihan Olah Barang Bekas Jadi Industri Rumah Tangga

EKONOMI/PEMBANGUNAN SWARA MOROTAI

Swaramalut.com, Morotai

PKK Kabupaten Pulau Morotai bekerja sama dengan Rotary Club melaksanakan pelatihan dengan tema “ketahanan pangan berbasis limbah rumah tangga”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai dari hari Minggu sampai dengan hari Jumat dan diikuti oleh kelompok organisasi perempuan PKK, jalasenastri, ibu bayangkari, dan kelompok masyarakat hal itu disampaikan oleh treiner Rotary Distrik 3410 Indonesia bagian Barat Endang Paminto saat di temui di Gesaos Desa Darame, Senin (02/09/2019).

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program dari Rotary yang bekerja sama dengan PKK Pulau Morotai dan salah satu program adalah “Ketahanan pangan berbasis limbah rumah tangga”, karena dengan kondisi pemerintah seperti ini kita harus membantu pemerintah untuk menyelesaikan masalah di lingkungan kita.

Tujuan kegiatan ini kata Endang untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat diketahui bahwa limbah itu mempunyai nilai jual tinggi artinya dengan benda-benda bekas kita dapat memproduksi sesuatu dengan nilai jual tinggi yang sangat bermanfaat katanya.

“Selain itu kita mencoba untuk menghilangkan atau mengurangi sampah agar sampah tidak lagi keluar dari rumah tangga karena sampah paling besar itu dari sampah rumah tangga. Oleh sebab itu kita mencoba memberdayakan masyarakat untuk mengetahui manfaat dari sampah tersebut,” kata Endang.

Sementara untuk pemanfaatan sampah atau bahan bekas yang dikelola dari berbagai jenis diantaranya plastik bekas, pakaian bekas, sampak kertas/koran dan lainnya. Kata Dia jika masyarakat sudah mengetahui manfaat dari sampah tersebut dengan sendirinya tampah kita melarang pun mereka tidak akan membuang sampah secara sembarangan di lingkungan masyarakat.

Lanjut Endang, mengedukasi masyarakat sebenarnya gampang dengan cara memberi contoh dari diri kita sendiri, tampa kita berikan edukasi mana mungkin mereka mau melaksanakan apa yang kita sampaikan.

“Makanya kita harus memulai dari kesadaran mereka dulu mengenai manfaat dari sampah itu kalau sudah diketahui manfaatnya sudah pasti akan merasa rugi kalau sampah itu dibuang,” katanya lagi.

Di tempat yang sama wakil Ketua PKK Rosita Padoma mengatakan, semoga kedepannya masyarakat Morotai memiliki kesadaran tentang manfaat dari sampah itu sendiri karena selama ini kita belum tau apa manfaat dari sampah sehingga kita buang begitu saja. Namun setelah kita ikuti pelatihan ini ternyata sampah mempunyai banyak manfaat dan hasilnya terutama di lingkungan rumah tangga.

Oleh karena itu harapanya untuk masyarakat Pulau Morotai agar kedepan sampai rumah tangga jangan kita buang begitu saja tapi mari kita kelola dengan baik kerana memiliki manfaat yang sangat berharga..#amt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *