Menunggu 762 Calhaj Morotai Sampai 2029

SWARA MOROTAI SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Morotai

Calon jamaah haji (calhaj) yang sudah mendaftarkan diri harus bersabar menunggu keberangkatan ke Tanah Suci. Saat ini daftar tunggu calhaj untuk di kabupaten pulau morotai hingga 10 tahun mendatang.

Kasih penyelenggara haji dan umrah Kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Morotai H. Musanif Sibua, Senin (09/09/2019) menyatakan, daftar tunggu calon jemaah haji di kabupaten pulau morotai cukup lama. Berdasarkan jumlah masyarakat yang telah mendaftar, pemberangkatannya akan selesai hingga 2029.

“Calon jamaah haji yang sudah mendaftar hingga saat ini sudah mencapai 762 orang yang tersebar dari lima kecamatan se-pulau morotai, sementara kuota keberangkatan setiap tahunya di batasi,” kata musanif.

Lanjut dia, setiap bulan ada saja masyarakat yang mendaftar untuk berangkat ke Tanah Suci. Ada yang suda membayar full dan ada yang baru membayar no porsi.

“Biaya pendaftaran untuk pengambilan nobporsi Rp. 25.500.000,00 sedangkan untuk sisah pelunasan sesuai dengan SK Dirjen yang menyelenggarakan haji,” jelasnya.

Berhubung jatah pemberangkatan calon jemaah haji pada tahun 2018 kabupaten pulau morotai mendapat porsi keberangkatan 46 orang, namun pada tahun 2019 jumlah calon jamaah haji mengalami kenaikan menjadi 73 orang.

“Pemberangkatan jamaah sesuai nomor porsi yang sudah mendaftar hingga sampai 2029. Jadi pihaknya harapkan agar calhaj perlu bersabar sampai menunggu tanggal keberangkatan,”tuturnya..#amt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *