Pulau Morotai Jadi Prioritas Pembanguna Di Provinsi Malut

EKONOMI/PEMBANGUNAN SWARA MOROTAI SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Morotai

Perhatian Pemerintah pusat terhadap Kabupaten Pulau Morotai begitu besar hal itu dapat kita lihat dari berbagai sektor pembangunan yang di prioritaskan bagi Kabupaten Pulau Morotai.

Prioritas Sektor pembanguna di antaranya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Strategis Parawisata Nasional, (KSPN), Gerakan Pengembangan  Terpatu Perbatasan (Gerbang Dutas)  dan Sektor Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Hal itu di sampaikan oleh Kadis Perhubungan Provinsi Maluku Utara Armin Zakaria usai upacara Harhubnas ke 75 di lapangan Bangsaha, Desa Darame, Kec. Morotai selatan (Morsel), Selasa (17/09/2019).

Armin mengungkapkan karena morotai masuk dalam 10 destinasi wisata atau 10 bali baru maka tidak heran bila program dari Pemerintah baik provinsi maupun Pusat di fokuskan untuk kabupaten pulau morotai.

Bukan hanya itu ungkap Armin di Morotai juga mendapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi termasuk untuk transportasi pedesaan di tahun 2020 mendatang.

“DAK afirmasi yang akan di berikan dalam bentuk sarana transportasi baik jalan, maupun sara transportasi berupa bus, pelabuhan tambatan perahu, pelabuhan umum yang anggarannya dari APBN oleh Kemnterian Perhubungan,” kata Armin.

Lanjut dia, apalagi kedepan Pemda pulau morotai mempunyai rencana pembangunan pelabuhan ekspor untuk skala Nasional. Oleh karena itu, maka sudah seharusnya mempunyai Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

“Untuk mensukseskan program tersebut, maka pemda pulau morotai suda harusnya memiliki perencanaan yang matang dalam menyiapkan agar rencana program itu kedepannya dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya..#amt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *