PT.MHI Siapkan 100 Ribu Bibit Pohon dan 1,5 Hektar Lahan Untuk Penghijauan

SWARA HALTIM/HALTENG/TIKEP SWARA TERKINI

Swaramalut.com – Haltim

PT.MAHAKARYA HUTAN INDONESIA (MHI) yang beroperasi di Desa Helitetor Kecamatan Wasile Utara Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara telah mempersiapkan kurang lebih 100 ribu bibit pohon jenis jabun dan samama serta lahan sebesar 1,5 Hektar sebagai tempat persemaian.

Kepala Reboisasi PT MHI Rahman Salampessy ketika di temui awak media ,sabtu(19/10/2019)mengatakan bahwa persemaian sudah dimulai dari dua bulan yang lalu dan sampai saat ini sudah 8 ribu anakan yang sudah di semai  sementara tahapan percobaan untuk satu petak itu rencananya 40 ribu anakan bibit pohon.

” Yang sudah siap di polibek sebanyak 8 ribu anakan bibit pohon, untuk tahapan percobaan pertama untuk satu petak itu kurang lebih 40 ribu anakan” beber Rahman.

Untuk benih bibit pohon itu sendiri dari pihak perusahan sudah sekitar 100 ribu benih bibit pohon yang sudah di semai” Benih nya sudah kita siapkan kurang lebih 100 ribu”Tambahnya.

Sementara untuk menyiapan tenaga kerja dalam persemaian bibit pohon itu sendiri perusahan sudah merekrut dari tiap tiap Desa yang ada di lingkar perusahaan yang terdapat di dua kecamatan yaitu kecamatan Wasile Tengah dan Utara.

” Sementara untuk perekrutan tenaga kerja kita masih ambil satu desa satu orang untuk pengisian tanah ke pulibek akan tetapi kedepan akan lebih banyak lagi kita butuhkan Tenaga kerja. Tuturnya.

Pihak perusahan juga berharap agar masyarakat membantu dalam program persemaian ini.” Sama sama kita saling membantu, masyarakat membantu kita sebaliknya juga kita membantu masyarakat, maka akan terciptanya sinergisitas antara masyarakat dan kita di perusahaan, pihak perusahan juga tidak akan menutup kemungkinan menambah karyawan dari perkapita untuk masyarakat yang kebih banyak lagi “. Harapnya.

Terpisah daro itu  Yowel Parang Warga Desa Helitetor salah satu pekerja kepada awak media ini mengatakan ” dengan adanya penanaman atau pembibitan persemaian bibit pohon  ini masyarakat sangat berterima kasih kepada pihak perusahan karna memang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan mudah mudahan pekerjaan ini bisa berjalan lancar kedepannya supaya masyarakat juga bisa menerima bibit dari perusahaan agar bisa di tanam di lokasi masing masing. tutupnya.

Untuk di ketahui pihak perusahan PT MHI membuka program persemaian bibit jenis Jabun dan samama untuk di tanam ulang di area perusahaan beroperasi..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *