181 Guru Ikut Ujian PPG Di SMAN 1 Morotai

Swaramalut.com, Morotai

Sebanyak 181 Guru di Kabupaten Pulau Morotai mengikuti ujian Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku Utara.

Ujian PPG tersebut dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin (18/11) – Rabu (20/11), bertempat di SMAN I, Desa Darame, Kec. Morotai Selatan (Morsel), Rabu 20/11/2019).

Petugas Pengawasan (LPMP) Leo Rangga saat di temui wartawan, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi di bidang mata pelajaran oleh masing-masing guru agar mencapai program sertifikasi.

“Pelaksanaan ujian Pendidikan Provesi Guru ini, di ikuti oleh 181 orang yang merupakan guru setingkat SD, SMP, dan SMA dan SMK yang tersebar di lima kecamatan di pulau Morotai,” kata Leo.

Untuk itu, syarat untuk mengikuti PPG adalah peserta yang sudah memiliki Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)  baik PNS maupun Non PNS, itu sebagi nomor induk bagi seorang guru atau tengah Ke Pendidikan.

“Pendidikan Profesi Guru mengarah ke Sertifikasi kalau nilai tinggi akan lanjutkan tahap berikut,” jelasnya.

Lanjut dia, sedangkan materi tes sendiri terbagi menjadi materi pengetahuan umum, pedagogik yang di dalamnya membahas kurikulum K 13, dan mata pelajaran sesuai bidang masing-masing.

“Untuk hasil pengumuman kelulusan akan di sampaikan melalui akun masing-masing peserta jika mereka lulus maka akan di lanjutkan dengan proses perkuliahan selama dua semester,” tuturnya.

Ia berharap, guru yang mengikuti ujian PPG ini, agar bisa mencapai passing gret yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

“Muda-mudahan semua bisa lulus, karena sebagian peserta yang mengikuti ujian Ini, telah mengikuti lebih dari sekali,” tutupnya..#amt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *