KPU Halbar Gelar Launching Pilkada Serentak 2020

SWARA HALBAR SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halbar – Komisi Pemilihan Umum Kabupeten Halmahera Barat (KPU Halbar) mengelar Louching Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupeten Halbar serentak tahun 2020, pada Kamis (21/11/2019).

Kegiatan yang merupakan bentuk dari sosialisasi dilaksanakan pilkada serentak 2020 itu dihadiri oleh, Bupati Halbar Danny Missy, Wabup Ahmad Zakir Mando, Sekda Halbar Syahril Abd Radjak, Sultan Jailolo, Ahmad Abdullah Syah, Kajari Halbar, Danyonif RK 732 Banau, Ketua KPU Provinsi Malut Pudja, Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, Pabum Kodim 1501, para pimpinan SKPD dan Pengurus partai politik se Kabupeten Halbar.

Ketua KPU Halbar, Miftahuddin Yusup dalam sambutannya, mangatakan, suksesnya pelaksanaan kegiatan Louching Pilkada tahun 2020 ini merupakan sinergitas antara KPU dan Pemda Halbar dalam hal penganggaran.

Sesi Foto bersama

“Dan soal penganggaran diakui oleh KPU Provinsi Malut bahkan kami (KPU Halbar) diberikan penghargaan salah satu daerah tercepat penandatanganan naskah hiba daerah untuk Pilkada,” ujarnya.

Mudah-mudahan dengan dilaksanakan kegiatan Louching ini, Pilkada tahun 2020 nanti bisa berjalan dengan sukses, aman dan tertib sebagai semboyan Malut ‘ino fomakati nyinga’, walaupun kita berbeda politik, berbeda pilihan tapi kita tetap satu warga masyarakat Halbar.

“Olehnya itu, saya selaku ketua KPU dan atas nama Institusi memberikan apresiasi kepada semua pihak yang tergabung dalam pelaksanaan kegiatan ini, semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar hingga akhirnya,” pinta Miftahuddin.

Sementara itu, Kapolres Halbar AKBP Aditya Laksimada, dalam sambutannya, mengatakan, Pemilu baik itu Pilpres, pilkada maupun pileg bila dilihat dari prefektif hukum itu merupakan sebuah konflik yang dilegalkan. Jadi bicara tentang konflik itu pasti terjadi meskipun itu tidak selalu menjadi berisik, tapi bisa jadi perselisihan dalam sikap maupun tutur kata.

“Olehnya itu, kami (Polri) bersama dengan TNI nantinya melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam mengawal kontestasi politik di semua tahap itu sesuai dengan undang-undang,” terangnya.

Aditya juga mengakui, pihak Polri yang dibantu TNI serta sentral Gakkumdu mulai dari level atas sampai bawah sudah mendapat arahan dan perintah tegas dalam mengawal jalannya Pilkada. Karena keamanan Pilkada bagi kami adalah sebuah keniscayaan dan insya Allah kami akan kawal semaksimal mungkin, tentunya bersama – sama masyarakat Halbar.

“Jadi, data dari berbagai macam potensi konflik sudah terpetakan, dan pada intinya kami (Polri) bersama TNI dan Kejaksaan akan mengawal hingga sukses jalannya pilkada 2020, serta kami (keamanan) harus netral dalam kontestasi Pilkada nantinya,” jelas orang nomor satu Polres Halbar.

Selain itu, Bupati Danny Missy, dalam sambutannya, mengatakan pada tahun 2020 mendatang merupakan tahun politik, dimana Republik Indonesia akan menyelenggarakan pesta Demokrasi Pemilu Bupati dan Wabup Halbar secara serentak. Dan Pilkada merupakan tonggak sejarah kepemimpinan di daerah khususnya di Halbar, yang itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan-nya. Karena kalau kita bersikap apatis, berarti kita menggadaikan nasib daerah ini selama 5 tahun kedepan.

“Sebab pilihan terhadap sistem demokrasi dalam menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara membutuhan dukungan semua pihak untuk mengawal proses demokrasi agar berjalan dan mencapai tujuan guna  mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

“Untuk itu, perlu saya ingatkan, dalam tahun politik ini, tentu banyak potensi konflik akibat adanya perbedaan pendapat dan pilihan. Namun demikian, kita harus saling menghormati perbedaan itu secara arif dan bijaksana sebagai sebuah dinamika proses demokrasi agar tidak terganggu keamanan dan ketertiban masyarakat serta membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Danny.

Danny juga berharap, agar kita semua bisa ber-partisipasi dalam Pilkada 2020 nanti, dapat mengunakan hak suaranya dan jangan golput, serta dalam menyalurkan hak pilihnya secara cerdas, yaitu memilih orang-orang yang memiliki kualitas, integritas, dan loyalitas  untuk membangun daerah ini.

Lanjut Bupati, yang terpenting juga, dalam Pilkada kita tetap pelihara suasana kondusif, agar Pilkada bisa berjalan sukses, baik sukses penyelanggaraan maupun sukses dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu melanjutkan kemajuan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera.

“Sehingga nantinya, hasil dari pilkada mendapatkan pemimpin Halbar yang benar-benar mampu mengemban amanah rakyat Halbar,” cetusnya.

Terpisah Ketua KPU Provinsi Malut, Pudja Sutamat, dalam sambutannya, mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar pada saat tahap pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih atau daftar pemilih semua warga yang mempunyai hak pilih terdata dan terdaftar dalam daftar pemilih tetap untuk Pilkada serentak 2020.

“Untuk itu, pada saat coklit kami berharap bapak – ibu warga masyarakat untuk didata dan tidak ada satu pun yang tertinggal dalam daftar pemilih tetap pada Pilkada serentak 2020,” sebutnya.

Memang kita ketahui bersama Halbar mencatat prestasi yang cukup membanggakan dengan partisipasi pemilih 78 persen atau diatas rata-rata target nasional jadi rencana pembangunan jangka menengah secara Nasional oleh Bapennas hingga catatan penting itu kita harus pertahankan dengan angka 78 persen pada Pilkada 2015 lalu tentu beda dengan 2020.

“Kami berharap pada penyelenggara di Kabupaten Halbar agar kerjasama dengan Dikdukcapil, jadi sudah tentu pak Bupati beserta jajaran untuk bisa membantu bagaimana membersihkan, menyiapkan semua masyarakat harus terekam semuanya atau sudah terdata supaya pada saat coklit nanti itu memudahkan bagi petugas,” harap Pudja.

“Apalagi Disdukcapil masuk dalam kelompok kerja bersama KPU Halbar karena itu penting jika bersama-sama kita kerjakan, maka hasilnya akan memuaskan,” tutupnya.

Usai memberikan sambutan ketua KPU Malut yang didampingi oleh Bupati Halbar, para penyelenggara pemilu dan forkopimda Halbar, melaunching Pilkada dengan memukul gong dan dilanjutkan dengan pelepasan balon.

Sekedar diketahui, kegiatan yang lauching pilkada yang digelar KPU Halbar itu, dimeriahkan oleh artis lokal Sanza Soleman dan berbagai penampilan Banau Dance, serta pemberian dorprize.#chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *