KPU Haltim Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020

SWARA HALTIM/HALTENG/TIKEP SWARA TERKINI

Swaramalut.com – Haltim

Komisi pemilihan umum (KPU) Halmahera Timur menggelar sosialisasi tahapan pemilihan Serentak untuk Bupati dan wakil Bupati Halmahera Timur 2020 mendatang.Giat tersebut di laksanakan di aulah kantor BPD Desa Dakaino,Kamis (28 /11/2019).

Kegiatan Sosialisasi tersebut di buka oleh ketua KPU Halmahera Timur. Mamat Jalil,didampingi para komonisiner.Sukardi Litte,Mudafir Lambutu,Ahmat Fauto,Rahmawati A Bangsa.

Selain itu,ikut hadiri dalam acara tersebut camat Wasile timur,para Kades, BPD dan Organisasi Masyarakat.

Ketua KPU Halmahera Timur.Mamat Jalil mengatakan bahwa suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur akan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat Halmahera timur.

“Kami pihak KPU menyelenggarakan secara teknis sesuai undang undng peraturan yang ada.Sehingga marila saling dan kerjasama yang baik untuk menciptakan pilkada berintigritas aman dan damai,katanya

Menurutnya,pilkada ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat.Bahkan dibutuhkan partisipasi dalam memberikan hak pilih dalam pilkada 2020 nantinya.

Sementara itu,Kordiv Teknis dan Penyelengaraan KPU halmahera Timur.Mudafir Lambutu mengungkapkan,secara teknis,penyelenggaraan pimilihan bupati dan wakil bupati Halmahera timur tahun 2020 merupakan tugas dan tanggung jawab KPU Halmahera timur.

Namun didalam pelaksanaanya,semua pihak seperti stakeholder pemerinta daera Halmahera timur punya andil bersama dalam mendukun dan sopport demi suksesaan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil bupati Halmahera timur 2020.

“Dengan hasil berkordinasi antara KPU,Bawaslu dan para stakeholder,  tentunya yang dapat memberikan kontribusi yang positif dalam penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2020 mendatang,”anjurnya.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sendiri akan dilaksnakan tepat 23 September 2020.Berdasar kan perKPU no 16/2019 tentang tahapan, prokram dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Waliko tahun 2020 terhadap 24 tahapan pilkada serentak.

Di Halmahera timur sendiri suda melaksanakan beberapa tahapan. Diantaranya,perencanaan Program dan anggaran. Penyusunan peraturan penyelenggara pemilihan. Pembuatan maskot dan jingle,serta penatapan syarat dukungan calon perseorangan. Kemudian, dalam waktu dekat ini ada pembentukan hok PPK,PPS dan KPPS antara 1 janwari 2020 hingha 21 Agustus 2020.

“Tahapan selanjudnya berjalan sesuai dengan tahapan tahapan yang telah ditetap kan,”tutupnya mengakhiri..# Zul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *