Pemkab Halsel Komitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan RSU Obi 

SWARA HALSEL SWARA TERKINI

Swaramalut.com – Halsel

Pemkab Halmahera Selatan nampaknya memiliki Komitmen besar untuk meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum (RSU) Obi. Komitmen pemkab ini akhirnya RSU Obi terakreditasi. Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim menyatakan akreditasi Rumah Sakit Umum (RSU) Obi bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat Obi khususnya.

“Kita patut syukuri akreditasi yang diadakan bagi RSU Obi saat ini, sehingga ada upaya perbaikan yang dilakukan RSU dalam konteks perbaikan mutu, peningkatan kinerja, serta manajemen yang berkualitas,” kata Iswan ketika membuka kegiatan Survei Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi I bagi Rumah Sakit Obi, senin (2/12).

Menurutnya, akreditasi memang menjadi sebuah dambaan rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Obi, namun perlu ditegaskan bahwa akreditasi bukan tujuan akhir, tetapi pelayanan yang terbaik bagi memenuhi standar akreditasi termasuk mutu pelayanan. Untuk diketahui, bahwa guna mendapatkan mutu pelayanan yang berkualitas, setiap RS wajib terakreditasi oleh lembaga independen yakni Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Iswan juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Surveior yang telah berkenan datang ke Pulau Obi diantaranya Drs.Masrial Mahyudin,Apt.MM,.PIA bidang manajemen sebagai ketua tim, Sujiasih.SKp.MPd bidang Keperawatan sebagai anggota, dan dr.James Allan Rarung,Sp.OG.MM Bidang Medis sebagai Anggota. “Terima kasih kepada Tim Surveior yang mau datang pada acara ini, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat halmahera selatan sekali lagi kami ucapkan selamat datang ,” ucap Iswan.

Sementara itu, Direktur RSU Obi dr.Diadon Misi Mitaart.Sp,B,FICS menyampaikan, Rumah Sakit Obi dibangun tahun 2009 dan diresmikan pada tahun 2011. RSU Obi sekarang sangat berbeda dengan yang dulu. Menurutnya RSU Obi dulunya belum ada standarisasi pelayanan rumah sakit, belum ada perhatian keselamatan pasien, petugas medis belum dikenali identitasnya, petugas medis masih memberi obat dengan standar kebiasaan tidak lagi dengan keilmuan, rumah sakit belum memahami tentang pentingnya keselamatan pasien, dan dokter masih merasa tuan dan perawat adalah bawahannya, itu semua adalah masa kelam RS Obi dulu, sekarang tidak lagi seperti itu.

“Dengan adanya akreditasi nantinya RS Obi akan berbenah guna peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. RSU Obi merupakan salah satu RSU rujukan regional dari beberapa Kecamatan Obi di Kabupaten Halmahera Selatan, dimana selama beberapa tahun terakhir rumah sakit Obi mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam berbagai aspek,” katanya.

Acara dihadiri oleh Para Camat se-pulau Obi, Kepala Desa se-pulau Obi, Kapolsek Obi, dan para Kepala Sekolah se-kecamatan Obi..#Tox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *