25 Desa Di Morotai Selatan, Evaluasi Program Kerja TA 2019

EKONOMI/PEMBANGUNAN SWARA MOROTAI SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Morotai

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa (Kades) beserta Perangkat Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se- Kecamatan Morotai Selatan, kegiatan di berlangsung di Aulah Kantor Bupati, Jln. Muhajirin Baru, Rabu (04/12/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa, Dinas PMD Firdaus Samad mengatakan, kegiatan Ini dilaksanakan dalam rangka rapat evaluasi seluruh program kerja Pemerintah Desa (Pemdes) dan BPD selama tahun 2019, karena kinerja aparat Desa dapat diukur melalui rapat evaluasi seperti ini.

“Ini dasarnya, PMK RI No.193/PMK.07/2018 tentang Pengelolaan Dana Desa dan Permendes No.20 Tahun 2019 tentang Prioritas Pegunaan Dana Desa,” kata Firdaus.

Foto Rakor Evaluasi 25 Desa Di Morsel

“Untuk evaluasi, yang kita evaluasi terkait dengan SPJ, realisasi anggaran, dan progres-progres pembangunan yang terjadi selama tabun 2019,” tamba dia.

Selain kegiatan evaluasi, ini juga untuk mengsingkronisasikan berbagai kebijakan dan program kerja Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten hingga Pemdes sesuai dengan regulasi aturan yang berlaku di tahun 2020.

“Hari ini juga, penyampain pagu anggaran per desa untuk tahun 2020, besaranya berfariatif tergantung luas wilayah dan jumlah penduduk,” ujarnya.

Dia berharap, seluruh desa harus serius dalam menjalankan program yang sedang dikerjakan, termasuk realisasi anggaran harus capai dan laporan pertanggungjawaban. Target kami, di Januari 2020 semua SPJ suda harus masuk.

“Rakor Ini bertahap, hari ini 25 Desa di Selatan; Kamis, 20 Desa di Selatan Barat; Jumat, 15 Desa di Morotai Timur; Senin, 14 Desa di Jaya dan Selama, 15 Desa di Jaya,” tuturnya..#amt/ promo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *