Pangdam XVI Pattimura Kuker di Halut

SWARA HALUT SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halut – Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura Mayjend TNI Dr. Marga Taufiq, melakukan kunjungan kerja (Kuker) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Rabu (11/12/2019).

Selain melakukan Kuker Jenderal TNI bintang dua juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Pemda Halut, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat.

Bupati Halut, Frans Manery, dalam sambutan mengatakan, Halut merupakan salah satu wilayah yang besar di Maluku Utara, karena memiliki 17 Kecamatan dengan jumlah Desa 196 dan juga memiliki beragam suku.

“Selain itu, Halut juga mempunyai sumber daya alam yang melimpah baik laut maupun daratan, sedangkan untuk daratan didominasi oleh Pala, Cengkeh, Kopra, Padi dan Umbi-umbian,” ujarnya.

Orang nomor satu Halut juga mengakui, ” Halut bukan daerah, sebab Halut merupakan salah satu pintu masuk NKRI, untuk sangat dibutuhkan perhatian dari Kamtibmas dan Teritorial,” pinta Frans.

Sementara itu, Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Dr. Marga Taufiq, dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja kita kali ini untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, sekaligus memberikan gambaran sedikit terkait tugas dan tanggung jawab Kodam XVI Pattimura.

” Jadi, tugas pokok ada kami (TNI) ada dua yaitu, Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sedangkan OMSP ini sangat nampak di masa damai sekarang ini, yakni dengan membantu Pemda dan Polri,” jelasnya.

Marga juga mengakui, untuk wilayah Maluku bagian selatan, Mabes TNI mengelar kekuatan dengan membangun Yonif Komposit dan di Utara (Morotai) juga akan dibangun Yon Komposit.

“Dan sekarang ini, Kodam XVI Pattimura sudah memiliki 10 Kodim, dan masih kekurangan 10 Kodim lagi, namun kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk dibuatkan Kantor sementara diwilayahnya,” terangnya.

Sedangkan untuk pemenuhan Pasukan, khususunya Bintara dan Tamtama kami akan merekrut putra daerah, yang mana pelatihannya atau pendidikannya disisi dalam satu komando kewilayaan, dan setelah selesai pendidikan akan ditugaskan di kampungnya masing-masing.

“Olehnya itu, diharapkan kepada Dandim dan Kapolres agar sering-sering memberikan pendidikan Bela Negara pada anak- anak sekolah supaya saat bergabung mereka sudah siap,” pinta Jenderal dua bintang.

Sekedar diketahui kegiatan yang dilangsungkan di lantai II ruang meeting Bupati Jln. Kawasan Pemerintahan Desa MKCM Kecamatan Tobelo itu dihadiri oleh
Wakil Bupati Halut Muhclis Tapi-Tapi, Kajari Halut I Ketut Terima Darsan, Ketua Pengadilan Negeri Tobelo Martha Maitimu, Dandim 1508 Tobelo Letkol Inf. Raymond Sitanggang, Kapolres Halut AKBP Yuyun Kus Hendriatmo, Ketua Sinode SSD, Dr. Demianus Ice, Sekda Halut Fredy Tjandua, dan para Pimpinan OPD Pemkab Halut, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat serta tokoh Adat.#jef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *