Mengembangkan Sinkronisasi dan Akselerasi, Kominfo Provinsi Malut Gelar Rakor

SWARA TERKINI SWARA TERNATE

Swaramalut.com, Ternate

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Maluku Utara (Malut), melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) pembangunan bidang Komunikasi dan Informatika terkait Sinkronisasi, akselerasi dan kolaborasi menuju Smart Government.

Kepala bidang (Kabid) Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Government, Dr. Iksan R. A. Arsad, MSi, saat ditemui sore tadi di Hotel Boulevard, Rabu (11/12/2019) mengatakan, tujuan dari Rakor ini adalah untuk meningkatkan singkronisasi, akselerasi dan kolaborasi pengembangan informasih.

“Selain tiga item tersebut, juga membicarakan tiga aspen yaitu sistem pemerintahan berbasis elektronik, komunikasih publik, dan satu data di Malut,” kata Iksan.

Iksan bilang, dalam pengembangan informasih seyoganya bersinergi dengan rancangan yang akan dibuat oleh Diskominfo Kabupaten/Kota. Ia juga menyampaikan, dalam kegiatan tersebut, pihak Kominfo juga membicarakan menyangkut dengan Smart Gavermen SPB dalam rangka mewujudkan Smart Gavermen.

“Ini adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis Digital untuk kedepan dalam layanan pemerintahan yaitu di bidang kesehatan. Seperti misalkan warga tidak perlu lagi antri di rumah sakit untuk mendapatkan layanan,”ucap Kabid.

Akan tetapi kata Iksan, bagaimana supaya dokter dan bidang itu datang ke pasien tampa harus menunggu, namun dapat mengunakan aplikasi dalam satu data, sehingga layanan berbasis Digital dapat terpaksa dengan baik.

Selain itu, target kedepan kata Iksan, pihak Kominfo Provinsi Malut, akan menyusun kesepahaman dalam Rakor itu dan menyusun rancangan rencana induk TIK Provinsi, agar Kabupaten/Kota mengetahui-nya, sehingga menjadi acuan Kabupaten/Kota untuk mengembangkan kedepan secara bersama sama.

“Karena dalam konteks ini, kita mengembangkan pemerintahan yang berbasis Elektronik, itu dia harus terhubung antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi dan Pusat, dalam menghadapi Industry 4.0, sesuai Bapak Presiden RI punya pernyataan-pernyataan bahwa kita sudah berada pada era itu. Oleh karena itu, tantanggan pihak dari Kominfo adalah mewujudkan dalam konteks krakteristik,” tuturnya..#ma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *