Porprov Ke III Resmi Dihelat di Halsel 

OLAHRAGA SWARA HALSEL SWARA TERKINI

Swaramalut.com – Halsel

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke III 2019 yang dipusatkan Gelora Bahrain Kasuba (GBK) kabupaten Halmahera Selatan yang berlangsung meriah dan dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, sabtu (14/12).

Dalam acara pembukaan tersebut, sejumlah tarian khas di kabupaten Halmahera Selatan ditampilkan termasuk tarian Togal dan Cakalele, hadir dalam kegiatan pembukaan Porprov ke III 2019 ini dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Ketua DPRD Maluku Utara Kuntu Daud, Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halmahera Selatan Nurlaila Muhammad, pimpinan SKPD Provinsi Malut, ketua KONI Malut Jafar Umar dan anggota DPRD kabupaten Halmahera Selatan.

Pesta olahraga yang diikuti 961 atlit ini mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor), yang digelar pada tanggal 14 hingga 21 Desember 2019. Porprov secara resmi dibuka oleh Gunernur Malut KH. Abd Gani Kasuba, di Stadion Gelora Bahrain Kasuba (GBK) Desa Toukona Kecamatan Bacan Selatan.

Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba, dalam sambutanya, mengatakan, gelaran porprov ini memang baru pertama kali digelar di Halsel, olehnya itu diharapkan menjadi motor pencarian bibit-bibit atlet yang bisa memperkuat Kabupaten Halsel di event yang lebih tinggi tingkatannya.

“Semangatnya kita harus menciptakan atlet potensial yang bisa membawa harum nama Halsel dikancah nasional maupun internasional. Lewat event ini, kita berharap mutu dan kualitas atlit meningkat, untuk menghadapi lomba yang lebih tinggi jenjangnya,” ungkap Bahrain Kasuba.

Para pemenang dari Porprov tersebut, lanjut Bahrain, bakal diproyeksikan untuk mengikuti ajang pekan olahraga di tingkat Nasional. Maka kita berharap, ajang Porprov ini tidak semata menjadi adu prestasi. Namun, bisa juga menjadi sarana membangun karakter bangsa untuk menjadi lebih baik.

“Olahraga harus bisa menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat persatuan semasa anak bangsa di Malut,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku Utara, Djafar Umar, menyebutkan ada 10 cabang olahraga yang diperlombakan yakni, Tinju, Atletis, Bola kaki, Voli, Kempo, Karate, Taikondo, Pencak silat, Tenis meja, dan Balap. “Pusatnya ada di Gelanggan Olahraga (GOR) Gelora Bahrain Kasuba (GBK) Halsel,” imbuhnya.

Lanjut Djafar, Dalam kesempatan ini, 9 kabupaten kota telah menurunkan masing-masing atlit, diantaranya, Kota Ternate menurunkan, 210 orang atlet dan oficial, Kabupaten Halbat 96 orang atlit dan oficial, Kabupaten haltim menurunkan 67 orang atlit dan oficial, Kabupaten halteng bertandang dengan 102 orang atlit dan oficial, Kabupaten halut mengirim 93 atlit dan oficial, kabupaten sula mengirim 18 orang atlit dan oficial, kota tidore mengirim 63 atlit dan oficial. kabupaten pulau morotai menurunkan 78 orang atlit dan oficial sementata tuan rumah sensiri tampil dengan kekuatan penuh yakni 234 orang atlit dan oficial.

Djafar, juga berharap, masyarakat luas untuk datang ke GBK guna memberikan dukungan dan melihat perkembangan olahraga di Halsel.
“Porprov ini berlangsung hingga tanggal ,” pungkasnya.

Ini daftar jumlah kontingen kabupaten kita Semalut :

Ternate 210 orang, Halbar 96 orang.
haltim 67 orang, halteng 102 orang.
halut 93, Kepulauan sula 18 orang
tidore 63, Pulau morotai 78 orang dan
Halsel 234 orang..#Tox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *