Menyikapi Isu Penculikan Anak, Kabid Humas Polda Malut Angkat Bicara

HUKUM/KRIMINAL SWARA TERKINI SWARA TERNATE

Swaramalut.com -Ternate

Menyikapi maraknya isu penculikan anak yang beredar di Maluku Utara, Kabid Humas Polda Maluku Utara (Malut) AKBP Adip Rojikan pun angkat bicara. Senin, (20/01/2020).

Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rojikan, mengatakan, terkait isu penculikan anak di Malut, memang ada beberapa kejadian yang masyarakat sampaikan bahwa telah terjadi penculikan anak.

“Namun demikian langka pertama yang harus kita lakukan dalam menangapi suatu informasi itu adalah mengecek kebenaran terlebih dahulu apa benar atau tidak?,”ujar Adip siang tadi diruang kerjanya.

Kabid Humas bilang, pihak kepolisian bersama TNI dan perangkat Desa itu selalu ada di tengah-tengah masyarakat yang disebut tiga pilar. Ia menjelaskan, yang di maksud dengan tiga Pilar dimasing-masing daerah itu terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala desa.

“Kiranya bagi masyarakat yang merasa dirinya menjadi korban penculikan anak bisa langsung konfirmasi ke mereka (Tiga pilar), agar supaya di tindaklanjuti,”pinta Kabid Humas.

Sehingga Kabid Humas menyampaikan, pihak kepolisian melacak dan melakukan penyilidikan atas kebenaran informasi tersebut. Kemudian ketika memang benar hal itu terjadi tentunya pihak kepolisian tidak akan bertindak dengan senang hati, tapi akan diproses secara profesional dan bertindak tegas terhadap pelaku-pelaku penculikan tersebut.

“Tapi sampai sejauh ini isu penculikan anak itu belum terjadi hanya isu yang menyebar bahwa saja ada kasus penculikan. Maka dari itu, kepada masyarakat luas kiranya informasi-informasi yang belum bisa di buktikan kebenarannya itu tidak bisa diikuti, karena akan mengakibatkan kerisauan atau kegundahan kepada masyarakat umum,”imbau Adip.

Selanjutnya, hilangkan rasa takut atau khawatir karena pada akhirnya akan muncul gangguan- gangguan di dalam aktifitas yang bisa menghambat pekerjaan rutinitas masyarakat luas..# MA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *