Polres Halut Apel Gelar Pasukan Bina Kusuma I Kieraha 2020

Swaramalut.com – Halut

Gelar Pasukan guna  Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi ” BINA WASPADA I KIERAHA 2020 ”  dalam rangka Cipta Kondisi Pencegahan Terjadinya, Potensi Kerawanan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Halmahera Utara, maka Polres Halmahera Utara (Halut)  laksanakan Apel Gelar Pasukan di lapangan Mapolres Halut, Selasa (11/2/2020).

Apel Gelar Pasukan berlangsung di hadiri oleh,Kabag Ops Polres Halut Kompol J metariang, Kabag Sumda Polres Halut, Para Kasat, KBO dan Kanit Polres Halut dan ParaPeserta Apel Gelar Pasukan, yang bertindak selaku IRUP Kapolres Halut AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo, SIK, MSi dan selaku Pa Up Kasat Binmas Pokres Halut AKP Jhon uniplaita,  serta Dan Up Kasubag Pers Polres Halut IPTU Didik Yulianto dan 1 Peleton Perwira, 1 Peleton Sat Lantas,1 Peleton Gabungan Sat Sabhara dan Sat Pol Air,1 Peleton Gabungan Staf dan 1 Peleton Gabungan ResIntel dan Sat Reskrim.

Amanat Kapolda Maluku Utara yang dibacakan Kapolres Halmahera Utara AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo SIK, MSI selaku Irup menyampaikan bahwa pertama tama marilah kita panjatkan pu i syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kehendaknyalah kita masih diberikan kesempatan tugas tugas dan kekuatan untuk melaksanakan pada Pelayanan Kepolisian dalam memberikan masyarakat, bangsa dan negara,  dan saat ini kita berkesempatan hadir dalam mengikuti apel gelar pasukan operasi bina Kusuma I kieraha 2020 Polda Maluku Utara.

Apel gelar pasukan ini adalah langka awal dalam melakukan pengecekan terhadap terhadap kesiapan rangka sebelum pelaksanaan operasi, baik pada aspek personel, prasarana serta kelengkapan sarana meteril, pelaksanaan dalam lainnya operasi pendukung nantinya rangkaian sehingga kepolisian dengan berjalan lancar dapat dan kegiatan memperoleh hasil yang optimal.

Ini merupakan operasi Kepolisian yang di gelar oleh Ditbinmas Polda Maluku Utara dan jajarannya merupakan operasi kepolisian dengan bentuk operasi Harkamtimas dengan mengedepankan berseragam yang diarahkan pada sasaran Potensi Gangguan (PG) dan ambang gangguan(AG) agar tidak  menjadi gangguan nyata ( GN).

Operasi ini bertujuan untuk mencegah dan menangkal segala bentuk tindak kriminal/kejahatan yang diakibatkan oleh perilaku atau tindakan preman dan premanisme serta penyakit masyatakat lain yang dapat menimbulkan gangguan kantibmas.

Selain itu, operasi Bina Kusuma I Kieraha 2020 ini memiliki tugas untuk membangun dan menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat Maluku Utara akan pentingnya situasi Kamtibmas yang kondusif guna menjamin kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktifitasnya menjelang Pilkada serentak tahun 2020.

Operasi ini dengan sasaran preman yang dapat meresahkan masyarakat seperti perilaku mabuk mabukan, meminta secara paksa uang di berbagai tempat (Pelabuhan,terminal ,pertokoan dan lain Lainnya,”DEBT COLLECTOR DAN PEMBUJUK AKSI PREMAN.”

Dan penyakit masyakat diantaranya Pembuat, Penjual, Pengkomsusmsi Miras/Narkoba serta Pelaku Bisnis Prostitusi dan Perjuadiaan.

Dengan lokasi yang biasa dipergunakan oleh oknum warga masyarat untuk melalukan aksi tindakan Preman dan Preman seperti terminal  angkot, Pelabuhan area Perbelanjaan umum, Pakiran Umum serta lokasi lainnya.

Selanjutnya tindakan yang dilakukan adalah mengedepankan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan dan PRE-EMTIF dalam setiap tindakan Kepolisian,  mengutamakan kegiatan Sambang ( door to door) dalam melakukan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan kepada masyarakat yang berkaitan dengan Preman dan Premanisme serta Penyakit Masyarakat lainnya.

Waktu pelaksanaan operasi selama 15 (Lima Belas) hari terhitung mulai tanggal 12 Februari sampai dengan 26 Februari 2020.Sementara itu upaya kita dalam menangani seriap tindakan PRE-EMTIF,PREVENTIF DAN REPRESIF adalah untuk menekan terjadinya tindakan kejahatan/kriminal,yang salah satunya diakibatkan oleh tindakan preman dan premanisme.

Diharapkan dalam Operasi ini agar mampu bangun Harmonisasi dengan swtiap Elemen masyarakat termasuk para Tokoh dengan lebih fokus pencegahan serta penangkalan terkait gangguan Kamtibmas, serta Isu Sara yang tidak menutup kemungkinan di picu melalui kasus kasus penyakit masyarakat.

Kemudian adapun daerah operasi Bina Kusuma I Kieraha 2020 meliputi seluruh wilayah hukum Polda Maluku Utara dengan target operasi mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah Maluku Utara pada menjelang Pilkada serentak tahun 2020..#Jef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *