Peringati HPSN 2020, Sekprov Malut Ajak Ciptakan Lingkungan Bebas Dari Sampah

SWARA TERKINI SWARA TERNATE

Swaramalut.com – SOFIFI

Sampah merupakan masalah bersama yang apabila tidak dilakukan upaya pencegahan dengan tepat secara komprehensif dan berkesinambungan, maka akibatnya adalah rusaknya lingkungan hidup dan ekosistem.

Sekertaris Daerah Provinsi(Sekprov) Maluku Utara(Malut) Samsuddin Abdul Kadir hadir membuka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 di Sofifi.

Kegiatan ini berlangsung di tempat wisata pantai Doe-doe desa gurapin kecamatan Oba Utara kota Tidore kepulauan provinsi maluku utara, Jumat(21/2/2020)pagi tadi.

“Kami lebih kepada paham bahwa plastik itu harus dikendalikan. karena yang lain itu tidak ada bank sampahnya. Kalau Malut bebas sampah, apakah kita siap bebas plastik? Tetapi yang harus kita buat adalah bagaimana plastik itu tidak mencemari lingkungan. Pengendalian plastik itu jauh lebih penting dari gerakan bebas plastik itu,” ucap Sekprov dalam memberikan sambutan dikegiatan tersebut.

Oleh sebab itu kata Sekertaris Daerah Provinsi(Sekprov)Maluku Utara(Malut) Samsuddin Abdul Kadir,M.Si bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)tahun 2020 di wilayahnya adalah untuk memotivasi dan mengajak masyarakat untuk peduli dan tanggap terhadap sampah guna menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, nyaman dan bebas dari sampah.

Pada pelaksanaan HPSN itu diawali dengan senam pagi bersama dan dilnjutkan apel kesiapan di lokasi pembersihan sampah ditempat wisata pantai Doe-doe desa Gurapin yang dipimpin langsung Sekprov Malut yang di hadiri oleh sejumlah OPD malut diantaranya Kepala Bappeda Malut,Kepala Balitbangda Malut, Kadis DLH Malut,Kadis Pertanian Malut, Kadis Kearsipandan Perpustakaan Malut, Sekertaris Pariwisata Malut,Inspektorat Malut,Balai Taman nasional Aketajawe lolobata, UPTD Kebersihan KOta tidore kepulauan, tokoh masyarakat,pemuda dan sejumlah insan pers liputan Sofifi.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat untuk bersih-bersih sampah kepada perwakilan OPD yang diberikan oleh Sekprov Malut Drs Samsuddin Abdul Kadir,M.Si didampingi Kepala DLH Malut Fachrudin Tukuboya dan Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata Heri Wibowo.

Dalam kesempatan itu, sekprov Malut Samsuddin Abdul Kadir memotivasi dan mengajak seluruh OPD Malut untuk menjadi duta sekaligus pelopor bersih sampah ditengah-tengah masyarakat..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *