Pekan QRIS Nasional 2020, KPw BI Malut Gelar Media Briefing dengan Insan Pers

Swaramalut.com – Ternate

Dalam rangka Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut)akan gelar berbagi event. Hal ini disampaikan saat menggelar media briefing bersama insan pers, jumat (13/03/2020) bertempat di Aula Maitara Kantor Perwakilan BI Malut.

QRIS (QR Code Indonesia Standar) adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Implementasi QRIS akan memasuki tahapan usage untuk memastikan penggunaannya luas dengan pemahaman yang berkualitas, baik dari segi merchant maupun costomer.

Pelaksanaan pekan QRIS Nasional 2020 dimaksudkan untuk mencapai tujuan tahap implementasi usage dan dilaksanakan secara serentak di 46 KPwDN BI di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Pekan QRIS Nasional 2020 ini, Kantor perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara mengusung tagline “Mari Torang Pake QRIS” yang berarti Ayo Pakai QRIS.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Sosialisasi akan di lakukan pada tanggal 15 Maret yang dimulai pada pukul 07.00 -10.00 WIT bersama unsur Forkopinda baik di kota ternate maupun maluku utara yang bertempat di Landmark Ternate.

“Kegiatan yang dimulai dari tanggal 15 maret 2020, KPw BI Malut beserta unsur forkopinda akan memberikan sosialisasi terkait penggunaan QRIS kepada masyarakat (User) sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang penggunaan QRIS”ucap Gatot saat memberikan  sambutan pada acara media briefing dengan insan pers.

Untuk Maluku utara  sendiri, KPw BI Malut telah mengagendakan berbagai kegiatan diantaranya sosialisasi millenial community di SMA, Pesantren, Pasar tradisional hingga perguruan tinggi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara Gatot.M.Manan mengakui dibutuhkan upaya yang lebih untuk mengedukasi pelaku usaha agar mau menggunakan QRIS dalam setiap transaksi pembayaran. Menurutnya, masih banyak pelaku usaha yang belum terbiasa dengan transaksi QRIS.

QRIS yang mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan dan memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan BI Maluku utara Gatot.M.Manan, Kepala Tim Advisori pengembangan ekonomi BI Malut,Hario K.Pamungkas , Kepala tim sistim pembayaran BI Malut Sodikin, dan seluruh insan pers maluku utara baik dari media Televisi,media cetak dan media online..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *