Pemkab Halbar Dinilai Menghambat Pembentukan Sekertariat PPK se- Halbar

SWARA HALBAR SWARA TERKINI Uncategorized

Swaramalut.com, Halbar – Pemerintah Kebupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) dinilai menghambat pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Halbar, pasalnya permohonan penerbitan surat Keputusan (SK) Sekertariat PPK se-Halbar yang disampaikan pada bulan Maret lalu belum juga dikeluarkan oleh Pemkab Halbar.

Sementara dalam SK KPU RI nomor 66/PP.06.4-KPT/03/KPU/II/2020 menjelaskan pada huruf c, Pembentukan Sekertariat PPK dan PPS paling lama 7 hari setelah pelantikan anggota PPK maupun PPS.

Ketua KPU Halbar, Miftahuddin Yusup, ketika ditemui, wartawan diruang kerjanya, Rabu (08/07/2020), mengatakan terkait dengan permohonan pembentukan Sekertariat PPK se- Halbar KPU Halbar secara sudah menyampaikan kepada pihak Pemkab Halbar sejak bulan Maret lalu, namun hingga saat ini belum juga diproses.

“Bahkan langkah percepatan sudah kami lakukan dengan melakukan kordinasi dengan pihak BKD dan Sekda dan dinyatakan sudah rampung, namun setelah dilakukan kordinasi ulang, SK tersebut belum juga belum diproses lantaran bupati masih berada diluar sehingga belum menandatangani SK tersebut,” jelasnya.

Namun lanjut Mifta sapaan akrab Ketua KPU Halbar, secara prinsip kami (KPU) tidak bisa melakukan langkah apa – apa terkait dengan pembentukan Sekertariat PPK se-Halbar dan hanya menunggu keputusan dari pemkab setempat, karena itu kewenangan mereka,” katanya.

Selain pembentukan Sekertariat, kata Mifta, pihak PPK se-Halbar melalui KPU Halbar telah pengusulan nama – nama sekertaris dan staf sekretariat PPK, juga sudah kami sampaikan kepada pihak Pemkab Halbar untuk diterbitkan SK, tetapi SK Bupati tersebut belum diterbitkan karena Bupati masih berada di luar daerah.

” Kami KPU, sangat berharap penerbitan SK tidak lama diproses oleh Pemkab Halbar, agar tidak menggangu tahapan pilkada, jika SK tersebut belum juga diterbitkan maka langkah terburuk yang diambil pihaknya
kondisi terburuk, PPK tidak lagi memakai dengan menggunakan staf dari KPU untuk membantu kerja-kerja PPK,” cetusnya. # chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *