Bawaslu Halbar Persoalkan Data A-KWK

SWARA HALBAR SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halbar – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mempersoalkan Data Pemilih model A-KWK dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halbar.

Menurut Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Aknosius Datang, Form model A-KWK merupakan data pembanding pada tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilaksanakan oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

“Jadi jujur saja, kami (Bawaslu) kecewa dengan sikap KPU yang belum memberikan form model A-KWK, sehingga belum ada data pembanding kami pada saat pencoklitan nantinya,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (16/07/2020).

Ongki sapaan akrab Kordiv PHL, juga meminta kepada pihak KPU agar tidak kaku dalam menerjemahkan surat edaran maupun Undang-undang nomor 10 tahun 2016, sebab dalam surat keputusan KPU RI nomor 532, bahwa data pemilih (A-KWK) bisa diberikan kepada pihak penyelenggara dalam hal ini Bawaslu.

“tapi kami merasa aneh hari ini KPU Halbar berdalil bahwa ada surat baru dari KPU RI, dimana data tersebut tidak bisa diberikan sebelum menjadi daftar Pemilih Sementara (DPS,” sesalnya.

Olehnya itu, lanjut Ongki, langkah pembanding data pemilih (A-KWK) kami Bawaslu akan merujuk pada Perbawaslu nomor 9 pasal 8, jadi kami akan mensingkronkan data DP4 hasil analisis Bawaslu dengan Form model A-KWK milik KPU.

Dia juga menambahkan, dan untuk mensingkronkan data dengan KPU, pihaknya akan menggelar rapat bersama pihak KPU pada besok (Jumat) sore,” terang Ongki. #chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *