KPU Halbar Gelar Apel Coklit Serentak 2020

SWARA HALBAR SWARA NASIONAL SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halbar – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Barat (KPU Halbar) mengelar Apel kesiapan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak  pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2020,  Sabtu (18/07/2020).

Kegiatan Apel kesiapan GCS (Gerakan Coklit Serentak) yang dilangsungkan di Lapangan Apel KPU Halbar di Desa Hoku- Hoku Kecamatan Jailolo itu di hadiri oleh, Komisoner KPU Malut Achmad Buhari, Ketua KPU Halbar Muftahudin Yusup dan Anggota, Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, Kajari Halbar Salomina Meyke Saliama, Kadinkes Rosfince Kalengit, Kadis PMD Asnath Sowo., Kadis Capil Andi R. Pilly, Kabag Ops Polres Halbar Muh. Arsyad Ahmad, , serta PPK dan PPDP se – Halbar.

Ketua Panitia Abdurahman Suleman dalam laporannya, mengatakan, kegiatan (Coklit) yang dilaksanakan KPU Halbar hari ini dilakukan secara serentak di seluruh daerah yang menyelenggarakan Pilkada dengan cara mengencangkan seluruh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang telah dibentuk sebelumnya.

“Dengan tujuan agar mendapatkan data Pemilih yang akurat pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020 melalui Coklit Serentak sehingga bisa dijadikan dasar penetapan DPS (Daftar Pemilihan Sementara),” ucapnya.

Sementara itu Miftahuddin Yusup dalam sambutannya sekaligus melaunching GCS, mengharapkan kepada seluruh pihak yang terlibat untuk saling bahu-membahu dalam menciptakan suasana damai dan indah dalam setiap tahapan pilkada.

“Diantaranya pada tahapan Coklit secara serentak yang akan dilaksanakan pada hari, agar bisa melahirkan data yang berkualitas. Dan untuk melahirkan data pemilih yang berkualitas berada di tangan PPDP selaku ujung tombak,” kata Mifta sapaan akrab Ketua KPU Halbar.

Mifta juga menambahkan, pelaksanaan Coklit Serentak yang dilaksanakan pada hari sesuai dengan tahapan PKPU  nomor 5 tahun 2020 ataupun PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang jadwal pelaksanaan tahapan pilkada, dimana tahapan Coklit Serentak ditetapkan pada tanggal 15 Juli – 13 Agustus 2020.

“Sedangkan GCS sesuai dengan instruksi KPU RI dilaksanakan pada tanggal 18 Juli hari ini untuk 270 daerah di seluruh Indonesia yang melaksanakan pilkada serentak,” jelasnya.

Senada juga disampaikan oleh Komisioner KPU Malut Hi. Buchari Mahmud (Devisi Tehnik), mengakui tahapan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tahapan lanjutan, memang kalau berdasarkan pada penetapan sebelumnya, itu tahapan pencoblosan dilaksanakan pada tanggal 23 September mendatang.

“Jadi mungkin sekarang ini kita sudah masuk pada tahapan pendaftaran calon yakni pada tanggal 4-6 Juli

Dan tambah Buchari, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan secara Nasional dan pelaksanaannya serentak pada hari ini, jadi selanjutnya kami akan mengikuti arahan dari KPU RI yakni  bersama – sama dengan dengan petugas pemuktahiran data pemilih dan PPS melakukan pencoklitan ke rumah-rumah,” katanya. #chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *