Target 2.075 SHAT, BPN Halbar Fokus di Dua Kecamatan

EKONOMI/PEMBANGUNAN SWARA HALBAR SWARA TERKINI

Swaramalut.com, Halbar – Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Halmahera Barat (BPN Halbar) menargetkan penerbitan sebanyak 2.075 Sertifikat Hak Atas Tanah ( SHAT) pada tahun 2020.

“Dari 2.075 SHAT yang ditargetkan ini, hanya difokuskan untuk di 8 desa yang tersebar di dua Kecamatan,” ungkap Kepala Kantor BPN Halbar, Arman Anwar kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (21/07/2020).

Diantaranya 3 Desa di Kecamatan Jailolo yakni Desa Galala, Desa Payo dan Guaeria, serta di 3 Desa di Kecamatan Ibu Selatan yakni, Desa Bataka, Sarau dan Ngalo – Ngalo, Gamsida dan Ngaon.

“Dan semuanya sudah selesai dilakukan pengukuran tinggal penerbitan SHAT, dan kami targetkan penerbitan SHAT akan selesai pada September mendatang,” terang Potons sapaan akrab Kakan BPN Halbar.

Mantan Kakan BPN Halut juga mengatakan, selain dari 2075 SHAT kami juga sudah melakukan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 3.000 Peta Bidang Tanah (PBT) yang ditargetkan pada tahun ini,” kata Anwar.

Dia juga menambahkan, Untuk kelancaran program PTSL yakni SHAT dan PBT tahun 2020 di wilayah Halbar yang ditargetkan Kementerian ATR melalui BPN Halbar ini, sangat diharapkan adanya dukungan Pemda, Pemerintah Kecamatan dan Pemdes setep serta partisipasi masyarakat dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

“Dokumen yang dibutuhkan yaitu, Foto Copy KTP dan KK, Bukti kepemilikan Tanah (apabila didapat dari Jual Beli, Warisan, Hibah, Pemberian, dll namun Apabila bukti-) tdk ada maka pemohon cukup membuat Surat Pernyataan), Surat Pemberitahuan Pajak Terutang ( SPPT/PBB) tahun berjalan, Materai¬†¬†6.000 , 2 buah per bidang dan patok Batas tanah,” jelasnya. #chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *