Rosfintje : Rapid Tes Tidak Dapat Mendeteksi Covid-19

Swaramalut.com, Halbar – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat (Kadinkes Halbar) Rosfintje Kalengit, mengakui alat tes antibodi (Rapid Tes) tidak dapat mendeteksi Corona Virus Disease tahun 2019 (Covid-19).

“Memang Rapid Tes ini bersifat screening guna mendeteksi adanya virus atau tidak, tapi bukan untuk virus Corona 19,” ungkap Kadinkes Halbar, saat dikonfirmasi sejumlah awak media diruang kerjanya, Rabu (22/07/2020).

Lanjut Rosfintje, tetapi untuk mendeteksi adanya Covid-19 harus diikuti dengan pemeriksaan atau Tes Swab (Polymerase Chain Reaction).

“Jadi prosedurnya bila ada yang melakukan Rapid Tes dan menunjukkan hasil reaktif maka langsung dilanjutkan dengan tes Swab,” jelasnya.

Namun ketika disentil terkait kesediaan dan pelayanan Rapid Tes yang sering dikeluhkan oleh masyarakat lantaran tidak ada pelayanan ketika dibutuhkan.

Menurut Rosfintje, terkait dengan alat rapid tes kami memiliki kesediaan sebenyak 1.300 pcs pada tahap awal, dan semua sudah digunakan untuk pemeriksaan terhadap pasien positif dan orang yang kontak erat dengan pasien positif, itu pun tidak cukup.

“Dan sekarang kami sudah punya persediaan di Puskesmas Jailolo sebanyak 1.000 pcs, untuk pelaku perjalanan khususnya pelajar yang kembali melakukan studi dan pasien rujukan untuk pengobatan lanjut, bukan perjalanan mandiri, sebab ini pelayanannya bersifat gratis,” katanya.

Tapi tambah Fien sapaan akrab Kadinkes Halbar, ada masyarakat yang melakukan rapid tes mandiri maka langsung ke Ternate, Karena kami tidak melayani,” pintanya. #chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *