Polres Haltim Tahap Duakan Kasus Korupsi DD Majiko Tongone 2017

Swaramalut.com, Haltim – Kepolisian Resort Kabupaten Halmahera Timur (Polres Haltim) menyerahkan berkas tahap II kasus dugaan korupsi anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Desa Majiko Tongone Kecamatan Wasile Utara tahun 2017 lalu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Haltim, Jumat (14/08/2020).

JPU saat menerima Berkas tahap II dan pemeriksaan tersangka

Kapolres Haltim AKBP. Mikael P. Sitanggang, melalui Kabag Humas Iptu. Jufri Adam, membenarkan adanya penyerahan berkas tahap II kasus dugaan korupsi ADD dan DD Desa Majiko Tongone tahun 2017 senilai Rp. 186.829.300 dengan tersangka Kades Majiko Sukur Mun Hi Suleman, setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P 21) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Jadi selain berkas tahap II Penyidik Tipikor juga sudah menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk dilakukan penuntut terhadap tersangka,” ujarnya.

Jufri juga mengisahkan dugaan korupsi yang dilakukan oleh tersangka, yakni pada tahun 2017 lalu tersangka mengajukan pencarian ADD dan DD sebesar Rp 1,287 miliar lebih dan anggaran tersebut dikelola sendiri oleh tersangka.

“Namun saat laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tersebut yang bersangkutan memalsukan tanda tangan dari Sekertaris Desa dan Bendahara Desa,” ujarnya.

Dan atas perbuatan tersangka dijerat dengan pasal 2 Ayat 1 atau pasal 3 jo pasal 9 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindakan pidan korupsi dengan ancaman hukuman penjara paling lama 20 tahun. #ZUL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *