4 Cakada Halbar Bakal Jalani Tes Kesehatan

Swaramalut.com, Halbar – Setelah mendaftarkan diri dan diterima oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Barat (KPUD Halbar), kini ke 4 pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Cakada dan Cawakada) Halbar periode 2020 bakal menjalani tes Kesehatan.

4 cakada dan cawakada Halbar yang telah diterima dan dinyatakan berkas pencalonannya telah lengkap yakni, Danny Missy-Imran Lolori (DAMAI), James Uang-Djufri Muhammad (JUJUR), Zakir Mando-Pdt. Alpinus K. Pay (Zaman-Pay), dan Denny Palar-Ikhsan Hi.Husain (Desain).

Ketua KPUD Halbar Miftahuddin Yusup, mengakui, berkas persyaratan calon Bupati dan Wabup dari 4 paslon sudah lengkap dan akan mengikuti tes pada tahapan selanjutnya yakni tes Kesehatan yang dipusatkan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate.

“Dan tes kesehatan terhadap balon dibuka selama 7 hari, terhitung mulai pada tanggal 4 September, sementara dari hasil koordinasi dengan pihak RSUD Paslon Halbar dijadwalkan pada tanggal 7 – 11 September,” ungkap Miftahudin saat konferensi Pers, Ahad (06/09/2020).

Mifta sapaan akrab ketua KPU Halbar juga mengatakan, dalam tes kesehatan ada tiga tahapan pemeriksaan yang meliputi tes kesehatan Jasmani dan Rohani, Psikologi dan Narkotika yang akan dilakukan oleh pihak BNN.

” dari dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut akan diserahkan ke KPU dan selanjutnya KPU akan menyerahkan secara Individu,” ujarnya.

Namun, tambah Mifta, sebelum memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan para Bapaslon harus menjalani tes PCR atau Swab dengan tunjuan mencari tahu apakah yang bersangkutan terindikasi covid19 atau tidak.

“bila ada dari bakal calon yang dinyatakan positif terpapar Covid -19 maka langsung dikarantina selama 10 hari, setelah menjalani masa karantina yang barsangkutan boleh mengikuti tahapan selanjutnya,” jelasnya. #chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *