Kinerja Dukcapil Dikritik, Pengrus Jong Halmahera Dihajar Staf

Swaramalut.com, Halbar – Perlakuan tidak menyenangkan yang oleh dialami oleh salah satu warga Desa Gufasa Kecamatan Jailolo yang juga wakil Ketua BPD (Bidang Pembangunan Daerah) Jong Halmahera 1914 Hardi, yang dilakukan salah satu staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kamis (10/09/2020).

Perbuatan tidak menyenangkan dilakukan oleh staf Dukcapil ini berawal, dari Korban yang datang untuk mengambil KTP Istri dan adik iparnya yang sudah seminggu lalu dimasukan berkas persyaratanya. Namun dirinya tidak mendapat penjelasan yang baik dari staf yang bertugas.

Hal tersebut disampaikan korban Hardi Dano Dasim alias Don Joau kepada sejumlah wartawan dilingkungan kantor Dukcapil Halbar usia insiden.

Menurut Don Joau, Pelayanan yang ditunjukan oleh staf Dukcapil memang tidak profesional, bagaimana tidak, dirinya yang sudah bolak -balik ke kantor untuk mengambil KTP milik istri dan iparnya, namun tidak mendapat pelayanan yang baik bahkan mereka mengatakan KTP milik istri dan iparnya sudah hilang.

“jadi saya tidak terima langsung mengeluarkan Ponsel dan mengambil gambar (Foto) atas sikap cuek dari staf tersebut. namun mereka tidak terima dan terjadi adu mulut antara saya dengan petugas tersebut,” ungkapnya.

Lanjutnya, karena saking kesalnya dirinya menjatuhkan kursi dirung tunggu kantor, kemudian salah satu dari beberapa staf langsung menghampirinya melayangkan kepalang tangannya ke wajahnya.

Don Joau juga menambahkan, terkait dengan dengan pelayanan Dukcapil yang amburadul ini akan menjadi catatan dirinya guna membangun konsilidasi dengan teman-temanya di Jong Halmahera untuk menggelar aksi besar-besaran mendesak Bupati Danny Missy mencopot Kadukcapil Andi Pilly,” cetusnya.

Terpisah salah satu staf Dukcapil dihadapan korban, mengatakan keterangan dari salah satu temannya itu mungkin karena berkas pembuatan KTP itu diserahkan kepada staf yang lain, sebab Dukcapil sendiri memberlakukan sistem shift pagi dan siang,” ucapnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil(Dukcapil)Halbar,Andi R.Pilly yang dikonfermasi awak media melalui nomor telpon 081293176524, tidak ada tanggapan hingga berita ini diterbitkan.# chull

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *