TIM Hukum Paslon HT-UMAR Yakin Gugatan Pilbub Kepsul di Kabulkan MK

Swaramalut.com-JAKARTA

Tim kuasa hukum Pasangan calon(Paslon)Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sula Nomor Urut 01 Hendrata Thes-Hi Umar Umabaihi, Amiruddin Yakseb,SH yakin memenangkan gugatan sengketa Pemilihan Bupati (Pilbub) 2020.

“Pasti menang, Insya Allah dengan berbagai ikhtiar yang sudah dilakukan, doa, argumentasi-argumentasi, dan bukti-bukti,” ujar Amiruddin di Jakarta setelah selesai melakukan registrasi gugatan di MK, Senin(21/12/2020) kemarin.

Amiruddin berharap Mahkamah Konstitusi (MK) dapat memberikan putusan yang sejalan dengan kebenaran dan keadilan.

Kendati selisih suara antara paslon nomor urut 01 Hendrata Thes-Umar Umabaihi dan Paslon nomor urut 03 Fifian Adeningsi Mus-Saleh Marajabesi cukup banyak, namun menurut Amiruddin hal itu tidak relevan jika dilihat dari argumentasi kualitatif.

” Angka itu tidak relevan, yang penting dalam argumentasi kualitatif adalah ada kucurangan pemilu yang melanggar asas-asas konstitusi pasal 22 ayat 1,” kata Amiruddin.

” Kalau argumentasi kualitatif, suara Anda selisih 2 ribu itu satu faktor. Tapi Anda melakukan kecurangan pemilu yang melanggar luber dan jurdil itu yang tidak boleh dilakukan,” imbuhnya.

Selanjutnya, ada argumentasi kuantitatif.

Amiruddin mengungkap jika pihaknya telah membuktikan adanya DPT bermasalah, DPT fiktif, NIK dari luar daerah, Jumlah pemilih Disebilitas serta melambungnya pengunaan KTP hingga Money Politik.

” Itu gimana cara membuktikannya? Ya kalau itu dikatakan hadir di dalam TPS pada tanggal 09 Desember kemarin, kami meminta KPUD menghadirkan absen, itu adalah formulir C7, C5 dan Formulir pendamping” katanya.

Namun rupanya, kata Amiruddin termohon, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) justru nanti kelabakan sebab di Pleno kecamatan dan kabupaten saja mereka tidak mau menghadirkan bukti C7, C5 dan Pemilih tambahan serta lain-lain yang di minta saksi pada pleno waktu itu.

” Itu artinya, dalil kami bahwa ada masalah di beberapa kecamatan itu tidak bisa dibantah oleh termohon karena tidak menghadirkan absensi di TPS,” ujarnya kembali.

Untuk itu saya bersama dengan teman-teman Tim kuasa hukum Paslon HT-UMAR sangat optimis bahwa semua yang kami dalilkan akan membuat pihak penyelengara dalam hal ini KPUD Sula tidak bisa membuktikannya sebab sudah terbukti di pleno kecamatan dan kabupaten pun semua rapat selalu berjalan alot tanpa di hadirkan apa yang saksi mintahkan..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *