Abrasi Ancam Pemukiman Warga Kelurahan Rua

Swaramalut.com, TERNATE – Abrasi mengancam pemukiman warga di Lingkungan Monge RT 08 / RW 04 Kelurahan Rua Kecamatan Pulau Ternate, Maluku Utara (Malut).

Tanggul ambruk akibat abrasi pantai

Berdasarkan pantauan Swaramalut.com, Selasa 30 Maret 2021, Akibat kuatnya gelombang dan arus laut sehingga mengancam puluhan rumah yang berada di pesisir pantai lingkungan tersebut. Bahkan jarang bibir pantai dengan beberapa rumah warga tinggal kurang lebih 3 meter.

Salah satu warga Lingkungan Monge (RT 08/RW 04) Djunaidi Kasim, mengeluhkan terkait kondisi tersebut dan meminta adanya perhatian dari pemerintah setempat.

“Jadi dengan kondisi ini, tentunya kami sangat membutuhkan perhatian dan upaya penanganan agar rumah warga terhindar dari ancaman abrasi,” ungkapnya.

Dan bila tidak ada upaya penanganan dengan membuat breakwater (tanggul pemecah gelombang) atau semacamnya bisa dipastikan rumah warga disekitar lingkungan ini akan hilang.

“Sebab lahan yang berada di lingkungan warga ini sudah cukup panjang sekitar 10 meter yang terkikis akibat abrasi,” jelas warga adat lingkungan Monge.

Karena pohon Capilong atau Nyamplung (penahan abrasi laut) juga sudah banyak yang roboh, bahkan bangunan swering (tanggul) yang dibangun sebahgian sudah ambruk.

“Olehnya itu, penanganan dari pemerintah daerah sangat diharapkan dalam mengatasi kondisi tersebut,” pinta Djunaidi. #Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *