Sebanyak 148 Siswa Ikut USK yang di Gelar SMK Putra Bahari Ternate

Swaramalut.com-TERNATE

Uji Sertifikasi Kompetensi siswa merupakan penilaian (asessment) khusus untuk mengukur tingkat kompetensi yang di miliki siswa selama mengikuti proses pembelajaran di suatu Lembaga Pendidikan. Hasil dari Uji Sertifikasi Kompetensi bisa menjadi tolak ukur ketercapaian kelulusan pada satuan pendidikan, sedangkan bagi siswa sendiri menjadi indikator kompetensi yang dia miliki untuk bersaing dalam memasuki Dunia pelayaran dan Kesehatan.

Foto : Suasana Pembukaan USK di SMK Putra Bahari Ternate

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Bahari Ternate kembali menggelar Dialog dan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) yang di buka secara langsung oleh Gubernur Maluku Utara yang di wakili oleh Staf Ahli bidang Kesejahteraan Masyarakat Darwis Pua dan di hadiri oleh kepala dan sekretaris dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku Utara serta para undangan dan Tim asesor yang ada,senin(5/4/2021)pagi tadi.

Jumlah peserta yang ikut dalam USK yang nantinya di gelar selama 3 hari di tahun 2021 yakni 148 siswa yang di sebarkan dari 4 program keahlian diantaranya keahlian Nautika Kapal Niaga, Farmasi, perawat dan Analis.

Foto : Kepala SMK Putra Bahari Ternate. Drs H.Umar Muchtar, MM

Kepala SMK Putra Bahari TernateDrs H.Umar Muchtar, MM kepada sejumlah awak media mengatakan bahwa berdasarkan dari SOP dari Badan Nasional Standar Profesi(BNSP)Hari ini hadir 7 orng Asesor yang di tunjuk BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi(LSP)masing-masing diantaranya LSP Asnakes Indonesia perwakilan dari surabaya dengan jumlah 3 Asesor dan LSP Purna Bahari Manado khusus jurusan pelayaran dengan jumlah 4 Asesor”jelasnya.

Lanjut H.Umar pangilan akrabnya bahwa Tempat Uji Kompetensi(TUK) yang di siapkan oleh SMK Putra Bahari Ternate Alhamdulillah lengkap dan siap Serta dinyatakan layak berdasarkan hasil Verifikasi dari LSP dan BNSP”ucapnya.

H.Umar juga memberikan Apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kota ternate Serta perwakilan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)yang melakukan kerja sama dengan SMK Putra Bahari Ternate hampir 90 persen hadir dalam kegiatan ini diantaranya perwakilan dari ALP, KSOP Ternate, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Ternate serta Puskesmas, Perwakilan dari PT. kimia Farma, Labkesda Provinsi dan Kota Ternate, perwakilan dari Patelki, PAFI, serta lain-lain.

H.Umar juga mengatakan bahwa Kegiatan Assessment ini Merupakan salah satu wujud Kesungguhan SMK Putra Bahari Ternate dalam mengantarkan anak didiknya langsung diterima didunia kerja Pasca lulus” Untuk tahun ini kita targetkan 60 persen (Lulusan SMK Putra Bahari Ternate langsung diterima Kerja)Ucap H.Umar Optimis.

Terpisah dari itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Drs.Imam Makdhy Hasan mengatakan bahwa uji sertifikasi kompetensi merupakan sebuah keharusan yang hendaknya dilaksanakan oleh satuan pendidikan, guna mengukur kecakapan, keahlian dan ketrampilan para peserta didik, dalam upaya untuk memenuhi standar mutu dan standar kompetensi sumber daya manusia.

Foto : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Drs.Imam Makdhy Hasan

” Harapan saya kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan uji sertifikasi kompetensi ini, agar benar-benar fokus, supaya hasil diharapkan dapat tercapai untuk kedepan, kami dari Dikbud Malut, akan terus melakukan evaluasi, monitoring dan berbenah di seluruh SMK,” ucapnya.

Kata Imam Makhdy, kegiatan ujian sertifikasi kompetensi harus didukung dengan sarana prasarana penunjang yang memadai dan guru produktif yang profesional sesuai spektrum kejuruan, agar target pencapaian penyediaan sumber daya manusia bisa tercapai.

” Saya akan terus mengharapkan, dukungan dari badan standar nasional pendidikan dan lembaga sertifikasi profesi, untuk pengembangan SMK, karena kami di Maluku Utara prosentase penyerapan tenaga kerja dari waktu ke waktu terus bertambah, sementara kesiapan sumber daya manusia kami belum memiliki kompetensi standar sebagaimana yang diharapkan,” ujarnya.

” Kepada Kepala SMK Putra Bahari Kota Ternate, dan umumnya kepala SMK di Malut, dia berharap, lebih kreatif, inovatif, mandiri dan terus berkoordinasi agar presepsi dalam pengembangan SMK dapat terwujud”tutupnya Mengakhiri..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *