Hari ini Sebanyak 53 Peserta UKW Malut, Jalani Swab Antigen

Swaramalut.com- TERNATE

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof Dr Moestopo bekerja sama dengan Dewan Pers sudah di mulai pada hari ini. Sesuai rencana, UKW tersebut akan dilaksanakan pada 9 sampai 10 April 2021.

Adapun tujuan diadakannya UKW adalah untuk meningkatkan profesionalisme wartawan sesuai kode etik jurnalistik dan amanah Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999. Penyelenggaraan UKW dilakukan atas petunjuk peraturan Dewan Pers, untuk menyertifikati setiap pekerja pers agar kompeten dalam melaksanakan tugasnya sebagai pilar keempat demokrasi.

Sebelum pelaksanakan UKW hari ini, pihak penyelenggara menggelar tes Swab Antigen di Sahid Bella Hotel,jumat (9/4/2021) pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIT. Tujuan diadakan tes Swab ini sendiri agar dapat dipastikan bahwa peserta UKW aman dari COVID-19.

“ Yang mengikuti tes ini (UKW) ada sekitar 53 wartawan dan terdiri dari 9 kelas” ucap ketua panitia penyelenggara Wahyudi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa hasil Swab akan langsun disampaikan hari ini juga sebelum dimulainya pelaksanaan UKW. Bagi peserta UKW yang reaktif/positif tidak akan di izinkan untuk mengikuti uji kompetensi tersebut.

“Kalau hasil tesnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan atau positif, maka peserta tersebut tidak diikutkan UKW.

Test swab ini sendiri sangat sederhana, karena hanya memasukan alat tes ke hidung dan tidak memakan waktu yang lama. Suhardi koromo salah satu peserta UKW yang mengikuti tes swab menjelaskan bahwa tes Swab tersebut sangat cepat dan tidak terasa sakit.

“Tadinya saya agak ragu untuk dites swab, karena saya pikir tes ini akan lama dan terasa sakit, akan tetapi tes ini sangat cepat dan tidak terasa sakitnya”, tutup wartawan media cermin halmahera ini..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *