Pengurusan Izin Pertambangan Rakyat di Desa Kusubibi Diduga Jadi Ajang Pungli

Swaramalut.com-HALSEL

Pengurusan izin pertambangan rakyat didesa Kusubibi kecamatan Bacan barat,kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara diduga menjadi ajang pungli.

Pasalnya sampai sekarang proses pengurusan izin pertambangan rakyat didesa tersebut tidak ada titik terangnya bahkan dalam tahapannya juga pihak pemerintah dan masyarakat tidak perna di libatkan

Kepala desa Kusubibi M.Abdul Fatah kepada media ini,senin(1/5/2021) kemarin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya-upaya untuk melegalkan pertambangan rakyat tersebut namun sampai sekarang tidak ada titik terangnya oleh pihak yang mengurusi Izin tersebut.

” Pihak pemerintah desa dan para pelaku usaha telah berupaya untuk melegalkan pertambangan ini, bahkan dengan biaya yang tidak sedikit dikeluarkan untuk kepentingan orang banyak ini, namun hingga sekarang belum ada kejelasan dan tahapannya juga tidak pernah di berikan informasi”jelas Kades.

Lanjut kades, sesuai dengan rincian pengeluaran untuk pembuatan izin saja sudah sangat besar, belum hal-hal yang lain untuk kelancaran pengurusan tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan adanya bukti pembayaran yang disimpan oleh pemerintah desa dan sebagian pelaku usah di desa tersebut.

” Dalam setiap pengeluaran dan transaksi kami selalu di catat bahkan sebagian yang transaksinya melalui trasferanpun raisinya masih kami simpan untuk menjadi catatan pengeluaran desa”jelas kades.

Kades juga menambahkan bahwa beberapa hari kemarin, kami dari pemerintah desa mendapat laporan dari pelaku usaha bahwa ada oknum-oknum menitipkan beberapa karung kepada masyarakat seputar tambang untuk meminta material galian emas untuk dikelola.

“Kami kemarin menerima laporan bahwa ada yang meminta agar setiap lubang atau pengusaha memberikan material untuk di kelola dan sekarang pihak kami terus mengusutnya”ujar kades.

Terpisah dari itu salah satu warga yang tidak mau namanya di publis mengatakan bahwa kami sudah resah dengan adanya oknum-oknum yang masuk dengan berdalih akan membantu mengurus izin namun sampai sekarang tidak ada kejelasannya padahal untuk semua pelaku usaha di pertambangan Kusubibi telah banyak membantu dalam hal pendanaan dan itu sangat besar dan kalau ditaksir kurang lebih 1Milyar.

” Saya berharap agar pemerintah bisa dengan segera melegalkan pertambangan ini sebab ini adalah sumber rezeki warga desa Kusubibi pada khususnya dan warga lingkar tambang pada umumnya, kami juga meminta kepada orang yang dipercayakan oleh pemerintah desa setempat untuk mengurusi Izin pertambangan ini lebih Arif melihat keadaan masyarakat yang ada dan jangan mengambil keuntungan sesaat untuk kepentingan pribadi..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *