Hadapi Gugatan PHP PSU di MK, KPU Halut Kembali Buka Kotak Suara

Swaramalut.com-HALUT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara(Halut), Provinsi Maluku Utara kembali membuka kotak suara guna mempersiapkan alat bukti dalam menghadapi perkara pengajuan permohonan perselisihan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang di gelar pada tanggal 28 April 2021 lalu.A

Adapunkotak suara yang di buka meliputi seluruh tempat PSU diwilayah itu. Masing masing yaitu TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo, TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara, TPS 02 Desa Tetewang serta 2 TPS Kusus PT. NHM Kecamatan Malifut.

Anggota KPU Halmahera Utara Abdul Djalil Jurumudi mengatakan, isi kotak suara yang ambil sebagai alat bukti yaitu Daftar Hadir, Formulir C Hasil, serta beberapa kejadian kusus pada pleno tingkat PPS maupun PPK. Lanjut kata dia, alat bukti yang di ambil tersebut di foto dan aslinya dikembalikan kedalam kotak kemudian langsung di simpan kedalam gudang milik KPU sempat.

Menurut Djalil, walau tidak seluruhya kotak suara yang menjadi fokus gugatan, namun pihaknya tetap membuka seluruh kotak suara. Djalil mencontohkan TPS 02 Desa Tetewang misalnya. Hal ini demi kepentingan rekapitulasi di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

” Hari ini yang kami buka seluruh kotak suara di seluruh tempat PSU walaupun TPS 02 Desa Tetewang tidak menjadi lokus gugatan karena untuk kepentingan rekapitulasi ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten hasil keseluruhan pada PSU harus di sampaikan makannya kami tetap buka,” Ungkap Djalil kepada media ini Jumat (14/05/2021).

Selain itu, Djalil juga mengakui pihaknya telah menerima salinan AP3 dari Juru Panggil MK, tentang surat pemberitahuan terkait perkara PHPkada yang di ajukan Paslon Nomor Urut 02 Joel Wogono dan Said Bajak (Jos), yang sudah di registrasi oleh MK dengan jadwal tahapan persidangan pemeriksaan pendahuluan pada tanggal 19 Mei 2021.

” Kami sudah ditetapkan sebagai termohon oleh MK jadi sudah menerima salinan AP3 dan surat panggilan dari Juru Panggil MK, hingga jadwal pemeriksaan pendahuluan itu sudah kami kantongi jadi ini adalah langka langka KPU mempersiapkan segala sesuatunya,” tandasnya

Pembukaan kotak suara oleh KPU pada sore tadi, juga di saksikan langsung oleh Bawaslu serta aparat Kepolisian di wilayah itu..#tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *