Tidak Butuh Waktu Lama, Polres Halut Berhasil Amankan Pelaku Penistaan Agama di Medsos

Swaramalut.com-HALUT

Pelaku dugaan penistaan agama diamankan Polres Halmahera Utara(Halut),Senin (24/5/2021). Atas nama Inisial HD (30) warga desa Kusuri, Kecamatan Tobelo Barat,Halut ditangkap dan diamankan karena ulahnya memposting status di media sosial, menghina agama Islam dan Nabi Muhammad, Minggu (23/5/2021) kemarin.

Sampai sekarang belum mengetahui sebab dari pelaku sehingga mengunggah Postingaan tersebut hingga memicu kecaman dari masyarakat hingga organisasi Islam di Malut.

” Ada beberapa warga yang melaporkan tersangka. Pelaku kita tangkap di rumahnya,” ujar Wakapolres Halut , Kompol Alwan Aufat kepada media ini melalui pesan singkat whatsApp senin(24/5/2021).

Wakapolres menambahkan laporan setelah mendapat laporan dirinya langsung memerintahkan personil untuk melacak pelaku dan Personil Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam dibawah pimpinan Kasat Reskrim Iptu Anggito Erry Kurniawan,S.T.K,S.IK berhasil mengamankan pelaku dirumahnya.

” Diduga Karena pendidikan yang minim mendorong pelaku mengunggah status kurang pantas. Kasus ini murni diduga dilakukan secara pribadi. Kami minta masyarakat tidak memperluas kasus ini,” Ucap Kompol Alwan.

Dalam kasus ini tentunya Penyidik akan meminta keterangan sejumlah saksi. Baik pelapor ataupun ahli bahasa maupun ahli teknologi informasi.

Sementara untuk pasal yang dikenakan yakni pasal 45 jo pasal 27, serta pasal 28 UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). Ulah HD ini juga dinilai melanggar ppasal 156a KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara.

Sementara itu di hadapan petugas dan awak media, HD meminta maaf kepada pengguna media sosial maupun umat Muslim. Apa yang dilakukannya ini merupakan kelalaiannya..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *