Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Gelar Sidang Perdana Antara Yulius vs AHY

Swaramalut.com-NASIONAL

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat hari Selasa (09/06/2021) menggelar sidang perdana perkara Nomor 325/Pdt.Sus/Parpol/2021

Tentang gugatan mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara Yulius Dagilaha terhadap Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Kuasa Hukum Yulius Dagilaha Kasman Ely SH dalam pesan singkatnya mengatakan, sidang perdana dipimpin langsung oleh Hakim Ketua Heru Hanindyo SH. MH. LLM, dengan agenda pembacaan gugatan terkait Surat Keputusan Nomor 37/SK/DPP.PD/IV/2021 tentang pemberhentian tetap sebagai anggota partai Demokrat.

Menurut Kasman dalam pembacaan gugatan menyatakan SK pemberhentian yang dikeluarkan tergugat dalam hal ini DPP Partai Demokrat tidak berdasar menurut hukum serta tidak memiliki landasan konstitusional sebab kehadirannya pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat tahun 2021 di Deli Serdang Sumatera Utara yang gadang-gadangi sebagai sebagai gerakan pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) yang tidak berdasar.

Untuk itu lanjut Kasman, dalam pembacaan gugatan yang dibacakan oleh Hakim Ketua, menyentil soal pelanggaran yang di lakukan oleh DPP Partai Demokrat terhadap penggugat karena dianggap telah melanggar hak subjektif sebagai warga Negara untuk menyatakan pendapat seperti di atur oleh Undang-undang Dasar 1945 jo, UU No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik jo, AD-ART Partai Demokrat Tahun 2020.

“Ya jadi dalam pembacaan gugatan juga disentil soal pelanggaran DPP Partai terhadap klaim saya karena ini bertentangan dengan aturan yang ada,” ungkapnya

Selain itu, dalam pembacaan gugatan pada persidangan Yulius Dagilah diwakili kuasa hukum Kasman Ely SH, memerintahkan kepada DPP untuk menghentikan seluruh perbuatan dan keputusan kepada penggugat sebagai anggota DPRD Halmahera Utara periode 2019 2024, sampai pada putusan yang memeliki kekuatan hukum tetap serta menyatakan SK DPP Partai Demokrat No.37/SK/DPP.PD/IV/2021 tanggal 19 April 2021 tentang pemberhentian tetap sebagai anggota Partai Demokrat berada dalam status quo.

Diketahui sidang gugatan mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara Yulius Dagilaha terhadap Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akan dilanjutkan pada Rabu tanggal 16 Juni 2021 dengan agenda jawaban tergugat..#SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *