Diduga Langgar Aturan, Dirjen Otda Desak Bupati Sula Kembalikan Semua Pejabat Yang Dirotasi ke Jabatan Semula

Swaramalut.com-TERNATE

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Kamil langsung  memerintahkan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyelidiki keputusan Bupati Kepulauan Sula terkait rolling jabatan.

Pasalnya, baru saja menjabat lima hari Bupati Fifian Adeningsi Mus langsung mengganti 57 pejabat eselon II hingga IV, termasuk Sekretaris Daerah.

Sikap dan pernyataan tersebut disampaikan Akmal saat berkunjung ke Ternate, Malut, Kamis (10/6/2021) pagi tadi, Ia mempertanyakan dasar Bupati Sula fifian Adeningsi Mus  melakukan pergantian pejabat sebelum 6 bulan menjabat.

Dirinya menepis bahwa apa yang di sampaikan Fifian adalah konsultasi yang dilakukan kepala daerah dengan Menteri Dalam Negeri bukan berarti sudah mendapat izin untuk melakukan reshuffle. Sebab izin yang dimaksud adalah izin tertulis.

” Semua orang bisa melakukan konsultasi seperti itu hanya di dalam undang-undang menyatakan dilarang melakukan mutasi kecuali ada izin Mendagri secara tertulis. Jadi tanya ke Bupati, apakah ada izin tersebut tertulis dari mendagri” ucap Akmal.

Ia pun meminta Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba,Lc agar  melakukan investigasi langsung  terkait kebijakan mutasi pejabat tersebut.

“Jika hasil investigasi Pak Gubernur dengan pemberitaan yang ada benar dan  menemukan rotasi pejabat di Kepsul tidak ada izin Mendagri, maka saya minta semua pejabat dikembalikan ke posisi jabatan semula sebab telah melanggar aturan” tutup Akmal mengakhiri..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *