Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Kota Ternate Terendam Banjir

Swaramalut.com-TERNATE

Hujan deras kurang lebih  beberapa jam yang mengguyur Kota Ternate mengakibatkan sejumlah ruas jalan diternate terendam banjir yang terjadi Selasa Sore(14/9/2021) sekitar pukul 15.00 WIT.

Hasil pantauan swaramalut.com penyebab terjadinya banjir karena tumpukan sampah yang ikut mengalir di selokan-selokan tersangkut yang membuat air meluap.

Wati, salah satu warga yang melakukan aktifitas di kota Ternate tengah tepatnya di gamalama yang juga terkena dampak banjir, kepada media ini mengungkapkan, saat hujan terjadi, air mulai masuk dari arah depan pusat pertokoan, sehingga membuat panik karena air yang masuk itu disertai dengan kayu dan sampah lainnya.

Saya panik, karena air sudah mulai datang dari dua arah yang bersamaan sehingga air dengan cepat naik kurang lebih 1/2 meter. Hal ini membuat  sepeda motor terendam banjir” tambahnya dengan raut wajah sedih.

Sementara Abdul , yang sepeda motornya juga terendam banjir mengatakan, bencana banjir ini baru pertama kali terjadi dengan ketinggian air mencapai sekitar 1 meter orang dewasa bahkan kalau ada kendaraan roda empat yang melintas sepeda motor yang di parkir di badan jalan pun ikut roboh terseret air.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Babullah Maluku Utara mengatakan kondisi hujan lebat terpantau dari citra radar dan satelit yg terjadi sejak pukul 15.00 WIT hingga pukul 17:00 WIT, di Kota Ternate.

Berdasarkan pantauan BMKG angin di lapisan 3000 feet, terdapat angin konvergen di wilayah Maluku Utara, diakibatkan adanya palung yang terbentuk di Samudera Pasifik sebelah timur laut Maluku Utara, dan Typhoon “CHANTU” (980 HPA, MAX 65KT) di bagian utara semakin menjauhi wilayah Filipina.

Untuk itu pihaknya mengimbau apabila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, masyarakat diminta untuk menjauh dari tubuh air (misal pantai) dan dari lereng rawan longsor. Selain itu guna mencegah terjadinya banjir semakin memburuk pada waktu berikutnya, disarankan untuk bekerjasma membersihkan saluran irigasi di setiap kelurahan.

Seperti yang kita ketahui bersama Hujan dengan intensitas deras yang terjadi pada  pukul 15.00 WIT sampai pukul 19.20 WIT mengakibatkan terjadinya genangan di sejumlah titik di antaranya di kecamatan Ternate tengah Kampung Pisang, Pasar Gamalama dan Pasar Higienis atau Pasar Tradisional, dan Ternate selatan di kelurahan mangga dua dan kelurahan bastiong..#red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *