Pemda Halut Gelar Rapat Pembentukan Tim Penetapan Harga Lahan di Wilayah Industri PT. EFI

Swaramalut.com- Halut

Pemerintah kabupaten Halmahera Utara menggelar rapat pembentukan Tim penetapan harga Lahan di wilayah industri PT. Emerrald Ferrochromium Industri (PT. EFI) di ruang Meeting Fredy Tjandua, Rabu (15/9/2021).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jefry Rudy Hoata mengatakan sebagian besar pengusaan lahan di dalam lokasi industri PT. EFI sudah dilakukan pembebasan lahan. dan saat ini hanya tinggal 5 keluarga penguasaan lahan yang belum dilakukan pembebasan lahan, karena harga yang ditentukan oleh 5 penguasahan lahan ini bervariasi dari 150.000-300.000 permeter persegi belum termasuk tanaman tumbuh.

“Ini jauh di atas standart Nilai Jual Objektif Pajak (NJOP) untuk di wilayah itu NJOP’nya sebesar Rp 1700 per meter” kata Jefry

Padahal kata Jefry, perusahaan sudah siap membayar dengan harga Rp 7000 per meter. Harga 7000 ini sudah termasuk dengan pembiayaan tanaman tumbuh. Harga tanam tumbuh ini, sesuai dengan daftar yang ada dalam SK bupati.

Diketahui terhambatnya pembebasan lahan dari 5 penguasahan lahan tersebut sangat berpengaruh pada lapangan kerja, dan sekitar 400 karyawan PT. EFI yang terpaksa di PHK’kan.

“perusahaan belum dapat beroperasi terhambat dengan persoalan lahan tersebut. Jika saja persoalan lahan ini sudah selesai, maka PT. EFI akan kembali beroperasi, dan di pastikan akan ada penyerapan tenaga kerja secara besar-besaran, bahkan bisa mencapai 7 ribuan penyerapan tenaga kerja” ujarnya

Selanjutnya, Ia pun menambahkan sesuai SK dari Kementrian Perindustrian bahwa wilayah tersebut adalah termasuk kawasan proyek strategis nasional dan bahkan sekarang ini di kawasan tersebut sudah menjadi objek vital nasional. kata Jefry inilah yang mengharuakan pemerintah daerah terlibat untuk membentuk tim penetapan harga.

Oleh karena itu nantinya harga yang sudah di tetapkan oleh pemerintah daerah melalui tim penetapan harga adalah final, dan perusahaan harus membayar sesuai penetapan harga itu ke 5 pengusahaan lahan tersebut..#A/jojo

 

Reporter : Niklas.H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *