IKDT Mulai Melakukan Survei Sebagai Data Based Desa Togale

Swaramalut.com-HALSEL

Ikatan Komunitas Desa Togale IKDT Kabupaten Halmahera Selatan mulai melakukan kegiatan survei potensi desa untuk menjadi data Based pembangunan desa. Dalam survei potensi ini adalah potensi sosial, potensi ekonomi, potensi kesehatan, potensi pendidikan, potensi pemerintahan, dan potensi infrastruktur desa.

Ketua Umum IKDT, Kabupaten Halmahera Selatan, Dr. Iksan Subur, mengatakan kegiatan survei ini hanya dilakukan pada desa-desa togale saja yang tersebar dalam 88 desa di wilayah kabupaten Halmahera selatan baik yang ada pada zona obi, zona Bacan dan zona Gane.

Survei ini menurut Iksan, sangat penting dilakukan oleh IKDT, karena selain menjadi program IKDT itu sendiri, juga membantu para kades-kades togale dalam setiap melakukan perencanaan pembangunan desa.

“IKDT akan siap membantu para kades togale untuk melakukan pendampingan dan Pembimbingan disetiap desa-desa togale. Cecar Iksan,”kata Iksan Subur yang juga mantan Kadis DPMD Halsel ini. Jum’at, (15/10/21).

Menurutnya, untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat dan berkualitas yang dibukukan dalam data Based dalam perencanaan pembangunan desa, maka IKDT menggunakan instrumen detail yang mampu menggali informasi potensi, sehingga bisa menjawab permasalahan desa disetiap desa togale.

“Karena itu di buatlah Koesioner data yang dapat menjaring setiap potensi kebutuhan,”Cetus Dr. Iksan Alumni UGM Fakultas Geografi kependudukan ini.

Dr. Iksan menegaskan, sangat penting dalam melakukan kegiatan survei ini, karna baginya, masa depan desa sangat tergantung pada bagaimana menghimpun dan mengelola data Based yang tersedia di dalamnya yang beragam dengan potensi desa untuk diwujudkan melalui inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat desa.

“Karena itu IKDT wajib melakukan survei di desa-desa togale di kabupaten Halmahera selatan sebagai spesial survei sesuai dengan jenis potensi yang telah ditentukan dalam pedoman instrumen. Dengan demikian dapat mengobati persoalan desa dengan menggunakan suplemen data Based.”cecer kadis DKP ini mengulangi.

Sehingga sambung Iksan, data based desa-desa togale yang tersedia akan mempermudah Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT) dalam mengetahui problematika pembangunan yang dihadapi disetiap desa Togale. Dengan begitu kegiatan survei dengan menghasilkan output pada sebuah data Based desa togale, semakin mempertajam IKDT untuk mengetahui kebutuhan masyarakat dan dicari solutif yang lebih tepat dengan mengajak Pemerintah dalam merumuskan kebijakan desa.

“Sementara ini kami semua pengurus IKDT, lagi menyiapkan hal-hal teknis untuk mendukung kegiatan survei ini dimaksud. Semoga kegiatan survei ini dapat bermanfaat dan menjadi masukan pemerintah daerah dan desa dalam bersinergi dalam data perencanaan pembangunan,”tutup mantan ketua Umum IKA Togale Halsel ini.#ilham

 

Reporter : Ilham
Reporter : Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *