by

NHM Perbaiki Puskesmas Toliwang yang Rusak di Kao Barat

banner 1100x250

Swaramlut.com HALUT- Bencana alam yang melanda Desa Toliwang beberapa waktu lalu menyebabkan Puskesmas Toliwang di Kecamatan Kao Barat, Halmahera Utara, mengalami kerusakan di bagian atap dan plafon.

Mendengar kabar ini, Presiden Direktur (Presdir) PT. Nusa Halmahera Minerals (PT.NHM), Haji Robert Nitiyudo Wachjo, segera mengirim bantuan untuk memperbaiki Puskesmas tersebut.

Bahkan, Ia juga mengerahkan tim Social Performance (SP) PT.NHM dan tim Kesehatan Masyarakat Haji Robert Peduli (KesMas HRP) untuk mendampingi pengerjaan perbaikan yang sedang dilakukan oleh satu kontraktor lokal.

“Bagi Haji Robert, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terutama yang berada di lingkar tambang PT.NHM merupakan salah satu komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan hidup masyarakat,” Ujar Manajer Komunikasi PT.NHM, Ramdani Sirait, Rabu (25/01/2023).

Sejak saham mayoritas PT.NHM diambil alih Indotan Group, pada awal tahun 2020, Haji Robert, menaruh perhatian besar terhadap upaya – upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Lingkar Tambang.

“Selain tim yang sudah ada yaitu tim SP, juga telah dibentuk tim tambahan yaitu tim KesMas HRP yang bertugas membantu banyak orang sakit dan tidak mampu untuk berobat,” sebutnya.

“Terutama yang sakit parah dan tidak mampu untuk berobat sendiri. Didatangi dan lalu dievakuasi ke pusat – pusat pelayanan kesehatan. Seperti ke puskesmas setempat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo dan Kota Ternate,” tambah Ramdani.

Namun, tak sedikit pula pasien asal lingkar Tambang PT.NHM yang dibawa di Kota Manado dan Provinsi lainnya. Bahkan ke Jakarta karena harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih serius.

Menurut Ramdani, hal itu membuat Pemerintah Desa merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan pelayanan kesehatan, karena banyak warga yang semula hanya dirawat sendiri di rumah – rumah mereka, bisa mendapatkan perawatan secara medis yang layak.

Diketahui, PT.NHM adalah perusahaan tambang emas di bawah perjanjian Kontrak Karya yang ditandatangani tanggal 28 April 1997 dengan Pemerintah Republik Indonesia. PTNHM mengoperasikan Tambang Emas Gosowong yang berlokasi di Halmahera Utara. Sebanyak 75% saham PT.NHM dikuasai PT Indotan Halmahera Bangkit dan 25% sisanya dikuasai PT.ANTAM. Tandasnya.#jojo

banner 970x250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *