banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

25 Anggota DPRD Halut Dilantik, Ketua Sementara Di Pimpin Oni Pulo

143
×

25 Anggota DPRD Halut Dilantik, Ketua Sementara Di Pimpin Oni Pulo

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Halut

Sebanyak 25 orang anggota DPRD Kabupaten Halmahera Utara (Halut) resmi di lantik dengan pengambilan sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Tobelo periode 2019 – 2024.

Pelantikan itu, disaksikan oleh sejumlah pejabat masyarakat serta tamu undangan, berlangsung diruang paripurna kantor DPRD Halut, Jln. Pemerintahan, Kecamatan Tobelo, Senin (04/11/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara Nomor 475/KPTS/MU/2019 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota Dewan Perwakilan Rayat Daerah Kabupaten Halmahera Utara masa bakti 2019-2014.

Ketua DPRD Sementara Halut Oni Pulo dari partai Demokrat dan wakil Samsul Bahri dari partai Golkar. Keduanya di angkata sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 Pasal 165 ayat 1 tentang pemerintahan daerah dalam hal Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota yang belum terbentuk di pimpin sementara oleh satu orang ketua dan satu orang wakil Ketua,” Hal ini di ungkapkan oleh Ketua DPRD Sementara Oni Pulo.

Menurutnya, sesuai mekanisme jabatan ketua DPRD sementara, ini berjalan sampai beberapa bulan kedepan hingga pembentukan tata tertip, penetapan fraksi dan juga sampai dengan terpilihnya ketua DPRD devinitif.

“Ketua sementara itu tugasnya menyiapkan semua sampai pembentukan Tata Tertib, penetapan Fraksi dan juga sampai dengan terpilihnya Ketua DPRD Devinitif maka berkhirnya jabatan ketua sementara,”terangnya.

Sementara itu, Bupati Halut Frans Manery saat membacakan pidato Gubernur Maluku Utara, menyampaikan anggota DPRD Halut yang baru dilantik, ini merupakan kepercayaan sekaligus amanah yang di berikan oleh seluruh rakyat kepada saudara-saudara dengan harapan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik, dan dapat memenuhi kepentingan masyarakat halmahera utara.

“Kami selaku pemerintah Daerah dan juga pribadi, mengucapkan selamat kepada anggota DPRD terpilih periode 2019 – 2024 yang sudah mengucapkan sumpah dan janji, kiranya dengan di lantiknya, kepercayaan rakyat bisa kita pegang dalam membangun kabupaten halmahera utara menjadi lebih baik kedepan,” ucap Frans.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dengan peran dan tugasnya masing – masing dalam melaksanakan pesta demokrasi sehinggah semuanya dapat berlangsung dengan sukses dan aman.

“Keberhasilan pelaksanaan pemilihan umum itu merupakan keberhasilan suluruh masyarakat Halut dan di bantu oleh jajaran TNI-Polri serta KPU sebagai penyelenggara serya Bawaslu sebagai lembaga pengawas, juga telah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga terpilihnya anggota Dewan periode 2019-2024,” ucapnya..#jef

 

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!