- POLITIK/BIROKRASI, SWARA MOROTAI, SWARA TERKINI

291 Bacaleg Pulau Morotai Siap

Swaramalut.com, Morotai

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kab. Pulau Morotai telah menerima 291 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang siap bertarung di ajang Pileg 2019 nanti. Jumlah itu, berasal dari 15 partai politik peserta Pemilu yang telah menyerahkan berkasnya di hari Selasa kemarin (17/7/2018).

Ketua KPUD Pulau Morotai Saima Nuang menjelaskan, 13 parpol baru menyerahkan berkas Bacalegnya di hari terakhir kemarin, sementara 2 parpol lainya sudah melakukan penyerahan berkas sehari sebelumnya.

Foto Ketua KPUD Pulau Morotai Saima Nuang

“Telah terdaftar semua partai. Untuk jumlah Caleg sebanyak 291 Caleg. Jadi ada partai-partai yang tidak full memenuhi kuotanya,” ungkapnya saat di konfirmasi swaramalut.com, Rabu (18/7/2018)

Dia mengungkapkan, terdapat 1 partai politik yang tidak memenuhi kuota 20 Bacaleg sehingga ada beberapa daerah pemilihan (Dapil) yang kuota Bacalegnya tidak terpenuhi oleh partai politik.

“Ada satu partai yakni partai PSI. Harusnya itu  kuotanya 20 (Bacaleg). Tapi ada partai yang tidak melengkapi. Paling sedikit itu Partai PSI dapil I kosong hanya menyertakan 5 orang untuk dapil II dan 6 orang untuk dapil III,” terang Saima.

Saima menambahkan, dari Bacaleg yang terdaftar tersebut, 174 Bacaleg diantaranya laki-laki dan 116 merupakan Bacaleg perempuan.

Sekedar di ketahui Partai yang terdaftar sehari sebelum penutupan partai Gerindra, Nasdem sedangkan partai yang mendaftar di hari terakhir PAN, PDI Perjuangan, PKS, PKB, Golkar, Hanura dan PKPI, Demokrat, PPP, Garuda, Berkarya, Perindo, dan PSI. Sedangkan partai yang tidak mendaftarakan calegnya yakni partai PBB..#amt

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!