- SWARA MOROTAI, SWARA TERKINI

50 Tagana Muda Morotai, Resmi Terbentuk

Swaramalut.com, Morotai

Pembentukan Taruna siaga bencana (tagana) Muda, Dinas Sosial provinsi Maluku Utara tahun 2018, siap membentuk dan melatih tagana muda di Kab. Pulau Morotai.

Pembentukan ini agar tersedianya petugas perlindungan sosial yang memiliki kepedulian dan aktif terhadap penanggulangan bencana. Dalam kegiatan ini,  dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Ekonomi Dan Kesra Idha Arsad , bertempat di Bangsaha, Desa Darame Kec. Morotai Selatan (Morsel) rabu(21/11/2018).

Kepala Dinas Sosial Kab. Pulau Morotai Basry Hamaya, SH, MH dalam sambutanya mengatakan, tagana meruapakan lembaga yang di bentuk oleh kementrian sosial dalam rangka tanggap siaga bencana. Kegiatan rutin yang dilakukan Diana provinsi maupun kabupaten/kota, kegiatan ini terlaksana bersumber dari dana dekonsentrasi dinas Sosial Pemprov Malut.

“Kekuatan hukum pembentukan tagana berdasarkan UU kementrian sosial No 28 tahun 2012 tentang pedoman umum tagana siaga bencana,”Ucapnya.

Kata dia, terlibat dalam kegiatan ini Steck Hokder meliputi dinas sosial unsur TNI/Polri dan masyakat sebagai relawan siaga rencana. Targetnya membentuk kelembagaan tagana dan memberikan mimbingan dan pelatihan tentang kesiap Siagaan penanggulangan bencana. 

“Pemerintahan Malut dalam  hal ini Dinas sosial Malut dengan dibentuknya kegiatan pelatihan untuk Tagana muda wilayah Malut dimana untuk wilayah Morotai akan di latihkan sebanyak 50 orang, yang direkrut dari berbagai desa di Wilayah Kab. P. Morotai,”Jelas Basri.

Sementara asisten III Bidang Ekonomi dan Kesra Idha Arsad, dalam sambutanya mengatakan, wilayah Kab. Pulau Morotai adalah wilayah yang rawan akan bencana alam. Oleh Karena itu kata dia, perlu adanya antisipasi dini dan penanggulangan yang cepat  melalui pendidikan Tagana muda yang akan dilatih mulai hari Rabu hingga Jumat. Karena diharapkan para Taruna muda yang dipilih dapat membantu mananggulangi bencana dengan optimal. 

“Selain itu perlunya  peran aktif masyarakat sendiri agar bisa menyelamatkan diri dari bencana.  Dengan dorongan dan bantuan dari Pemerintahan Daerah diharapkan para Tagana yang akan mengikuti giat pelatihan dapat menerima materi dengan baik dan siap ditugaskan dilapangan,”Tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini. Asisten III Setda Pulau Morotai Ida Arsyad, Pasintel Lanal Morotai Kapten Laut (P) Dwi Agung. S., Kabag Ops Polres Morotai AKP Didik Cb., Mewakili Danlanud Leo Wattimena  Lettu Adm Budi Prasetya, Kepala dinas Sosial Maluku utara yang mewakili Kabid Linjam Sos Arif, S,Ip. Msi., Kadis Sosial Pulau Morotai M Basri Hamaya, SH,MH dan seluruh anggota tagana muda pulau morotai..#amt

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!