81 Mahasiswa UPBJJ- UT Ternate Hari Ini Gelar Upacara Peyerahan Ijazah

Swaramalut.com, Ternate

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Ternate, Senin (16/4/2018) mewisudakan mahasiswa sebanyak 81 orang yang terdiri dari Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Diploma yang bertempat di Ballroom Dafam Hotel.

“Peserta yang di Wisudakan hari ini sebanyak 81 orang, masing masing terdiri dari program Diploma I  kurang lebih tiga orang, S1 tiga orang sedangkan pasca Sarjana 1 orang,”ujar Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Ternate Anfas ST, MM saat memberikan ketwrangan ke awak media usai acara.

Untuk Program-progam Studi yang di Wisudahkan hari ini, dirinya tidak bisa merincikannya secara keseluruhan. Namun total dari seluruhnya 81 peserta.

“Dalam acara tadi, saya telah menyampaikan kepada tamu undangan dan para Wisudawan bahwa selama mereka berproses di UT, dengan memakai sistem Online, belajar jarak jauh, tugas yang diembangi selama bertahun-tahun, tanggungjawabnya sedikit, bila dibandingkan persoalan besar yang dihadapi masyarakat diluar sana,”ucapnya.

Tentu hal ini menjadi tanggungjawab mereka saat keluar atau sudah menjadi Alumni, kemudian Ilmu atau kapasitas yang dimiliki harus diimplementasikan atau didedikasikan kepada masyarakat yang ada di Daerah daerah terpencil agar berguna bagi bangsa dan negara.

“Bila para alumni menjalankan tugas ini penuh dengan hati dan penuh tanggungjawab jawab, maka sudah barang tentu memiliki nilai positif dimata masyarakat. tentu hal ini tidak terlepas dari tujuan UT, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebab selama ini Alumni UT yang ada di Daerah Daerah terpencil sudah menjadi guru, dan ini wajib hukumnya mereka memberikan pendidikan politik,”jelas Anfas.

Ia mengatakan, proses belajar melalui mandiri di UT berdampak hal yang sangat luar biasa perjuangannya karena para Wisudawan dan Wisudawati ini sudah mencapai gelar baik itu S1 maupun S2, sesuai kualifikasinya, dengan demikian mereka bisa menularkan gagasan gagasan positif maupun pengalaman-pengalaman mereka kepada masyarakat. Selain itu, ia juga meminta kepada Alumni harus menjadi manusia yang jujur, adil, transparansi, Disiplin dll, guna menjaga nama baik Almamater.

Selain mewisudahkan para Wisudawan dan Wisudawati, pihak UT juga telah melakukan Nota Kesepahaman atau pendandatangana Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unkhair. “Jadi kerja sama ini adalah  dalam hal melayani mahasiswa kami program studi Biologi, Fisika dan Kimia, untuk memanfaatkan lep yang ada di FKIP.

Kami juga sudah menyiapkan Drailep di UT, jadi mereka sebenarnya sudah bisa melakukan praktek secara Online diruang Firtual tersebut, tapi karena mahasiswa membutuhkan seperti itu, ya apa boleh buat kami melakukan kerjasama sama,”ungkapnya.

“Dalam acara tadi sebenarnya Plt Gubernur hadir, tapi karena ada tugas penting, beliau tidak bisa hadir, yang mewakili Staf Ahlinya, Dekan FKIP dan orang Tua para Wisudawan dan Wisudawati. Saya berharap kedepan UT lebih banyak melahirkan Sarjana-sarjana yang lebih banyak di bandingkan tahun ini dan semoga ilmu yang dimilik di UT dapat bermanfaat untuk mereka dan masyarakat umum,”tutupnya..#Ym

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *