- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Akibat Mengedarkan Uang Palsu, Polisi Bekuk JB

Swaramalut.com, Ternate

Diduga mengedarkan uang palsu pecahan Rp. 100.000 sebanyak 18 lembar, Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Selatan membekuk seorang pelaku berinisial JB.

Kapolsek Ternate Selatan AKP Catur Erwin Setiawan dalam pres release mengatakan bahwa penangkapan pelaku tersebut berawal dari laporan masyarakat.

“Setelah menerima laporan, polisi kemudian menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kelurahan Kalumata dan pelaku langsung diamankan,”ujar Catur, sore tadi di Polres Ternate. Kamis (11/04/2019).

Dikatakan, dari hasil introgasi pelaku merupakan alumni Fakultas ekonomi disalah satu Universitas di Ternate, yang baru Wisudah kemarin.

”Dari hasil uang palsu ini dibuat sendiri oleh JB dengan menggunakan mesin printer, dan leptop,”kata Catur.

Dari pengakuan pelaku, kata Kapolsek, sudah melakukan sejak bulan Desember 2018 dan JB juga hanya sekali belanja uang palsu ini di waktu malam hari.

Ia juga mengimbau, masyarakat yang menjadi korba dengan uang palsu maka segera melapor ke polsek selatan, karna penyidik kini masi melakukan pengembangan untuk mengungkap tersangka lain yang terlibat sindikat atau tidak.

“Jika di lihat yang bersangkutan beroperasi sudah masuk 5 bulan, maka bukan hanya dengan pecahan 18 lembar yang sudah dibelanjakan. Kemudian dari modusnya JB itu mengambil contoh dari internet setelah itu baru di edit dengan mengunakan leptop dan di prin dengan kertas HVS,”ungkap Kapolsek.

Dikatakan, untuk tersangka sendiri dikenakan pasal 244 dan 245 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 Tahun penjara.

“Kemudian barang bukti yang diamankan sementara 18 lebar uang palsu, 1 leptop, 1 printer, dan dua Box tinta..#MI

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!