- SWARA TERKINI, SWARA TERNATE

Akumulasi Suara,AGK-YA Unggul 1352 Suara Dari AHM-RIVAI

Swaramalut.Com,Ternate

Usai sudah pelaksanaan pemungutan suara ulang(PSU) di pilgub Maluku Utara. Dari hasil rekapitulasi suara PSU yang digelar Rabu(17/10/18) yang di paparkan ketua tim Pasangan calon nomor urut 3 yakni KH. Abdul Gani Kasuba dan  Yasin Ali (AGK-YA)  unggul atas pasangan calon nomor urut 1 yakni Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai). 

Sesuai hasil rekapitulasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga daerah yaitu  dienam Desa di Kabupaten Halmahera Barat  Kecamatan Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula dan Kecamatan Taliabu Barat di  Kabupaten Pulau Taliabu, kedua  kandidat memperoleh suara sangat ketat. 

Namun karena hasil suara pada PSU harus ditambahkan dengan saldo suara pada pilgub sebelum PSU,  pasangan nomor urut 3 AGK-YA memperoleh suara lebih unggul dari pasangan nomor urut 1 AHM-RIVAI. 

Sebagaimana Rekapitulasi suara Pada enam Desa di Kabupaten Halmahera Barat, AGK-YA  dipilih oleh  2413 suara, menang atas rival utamanya AHM-Rivai yang mendapat  1115 suara atau  selisih 1298 Suara.

Sedangkan di Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula AHM-Rivai menguasai 6536 suara  atas AGK-YA yang mendapat 5616 suara atau selisih 903 suara.

Giliran Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, AHM-Rivai masih juga peroleh 4455 suara dari AGK-YA yang mendapat 1228 suara atau selisih 3175 suara. 

Dari rekap suara pada PSU Pilgub Malut periode 2018-2023 ini,  Pasangan calon KH.Abdul Gani Kasuba dan Yasin Ali (AGK-YA) mendapat suara lebih rendah dari  pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar yang unggul 12.106 suara dari pasangan AGK-YA yang memperoleh 9309 suara.

Walaupun AHM-Rivai mendapat suara lebih banyak dari Pasangan calon AGK-YA  di PSU Pilgub Malut ini, akan tetapi AGK-YA dipastikan jadi pemenang Pilkada Maluku Utara.

Kenapa demikian,  karena ada suara AGK-YA, pada pilgub pertama masih tersisa 4149 Suara.  Jikalau saldo suara tersebut diakumulasikan  dengan yang diperoleh pada PSU ini  maka total suara yang diraih AGK-YA sebesar 13.458 suara. Sedangkan jumlah suara total pasangan AHM-RIVAI hanya 12.106 suara. Artinya  pasangan nomor urut 3 AGK-YA unggul sebanyak 1352 suara dari AHM-RIVAI. 

Kalkulasi dan rekapitulasi tersebut diatas dikemukakan oleh Ketua Tim AGK-YA, Sahrin Hamid, saat gelar jumpa pers Rabu(17/10/18).

Kepada wartawan mantan calon wagub Malut periode lima tahun lalu ini menyatakan  hasil rekapitulasi suara PSU Pilkada Maluku Utara, berdasarkan Form C1 KWK di seluruh TPS disimpulkan pasangan calon Abdul Gani Kasuba dan  Yasin Ali memenangkan sebanyak 13.458 suara. Sementara Pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar kata Sahrin Hamid mendapat 12.106 suara. ” Saya pastikan Pilgub Malut dimenangkan oleh pasangan AGK-YA,” Kata Sahrin..#red

 

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!